4 Cara Membersihkan Bau Asap Rokok Pada Pakaian

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
01 Agustus 2021 18:17 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Bagi Anda yang tidak menyukai bau asap rokok, maka bau yang menempel pada pakaian jadi menyebalkan. Pakaian harus buru-buru dicuci agar bau asap rokok bisa lekas hilang. Lantas, bagaimana cara bersihkan bau asap rokok pada pakaian?

Bagi yang tak suka rokok, pasti sangat terganggu jika mencium asap rokok. Apalagi jika bau asap rokok sampai menempel pada pakaiannya, tentunya itu sangat membuat tidak nyaman dan ingin lekas mencucinya agar aroma pakaiannya kembali segar.

Mengenai cara menghilang bau asap rokok pada pakaian, sebenarnya ada beberapa metode yang bisa diaplikasikan di rumah. Melansir dari The Spruce, berikut ini cara bersihkan bau asap rokok pada pakaian.

Bahan-bahan:

  • Baking soda
  • Cuka putih suling
  • Deterjen tanpa pewangi
  • Air
  • Penyegar air (opsional)

Cara bersihkan bau asap rokok

Setelah menyediakan bahan-bahannya, langkah berikutnya yaitu proses membersihkan pakaian yang bau asap rokok. Adapun cara atau langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut ini.

1. Gantung pakaian pada area terbuka

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk hilangkan bau asap rokok yang menempel di pakaian yaitu dengan menggantung pakaian pada area terbuka dan banyak tanaman hijau. Ruang terbuka yang dipenuhi tanaman hijau dapat membantu menyerap bau.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kipas angin yang berfungsi ciptakan gerakan udara. Durasi yang dibutuhkan untuk metode ini tergantung dari seberapa lama pakaian terkena paparan asap rokok.

2. Rendam dengan Larutan Baking Soda

Cara berikutnya yang juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bau asap rokok di pakaian yaitu dengan merendam pakaian dengan campuran air hangat dan baking soda. Rendam pakaian bisa menggunakan ember atau mesin cuci, diamkan setidaknya semalam.

3. Menggunakan Mesin Cuci

Mesin cuci juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau asap rokok di pakaian. Caranya mudah, setelah pakaian direndam, cuci pakaian dengan deterjen (tanpa pewangi). Lalu, campurkan air cuka suling (satu cangkir) saat membilas, diamkan sekitar sejam, lalu lanjutkan proses pembilasan.

4. Keringkan Pakaian

Tahap berikutnya, keringkan pakaian dengan menjemurnya di bawah terik matahari menggunakan tali jemuran. Jika kamu mengeringkan pakaian menggunakan alat pengeriing, pastikan suhunya rendah. Sebab suhu tinggi justru mampu mengikat bau.

Demikianlah informasi mengenai cara bersihkan bau asap rokok pada pakaian yang mudah dan praktis dan bisa kamu aplikasikan di rumah. Selamat mencoba!

Sumber : Suara.com