Manfaat Jeruk untuk Kesehatan, dari Kurangi Kolesterol hingga Cegah Kanker

Jeruk - Healthyfoodhouse
02 Agustus 2021 16:37 WIB Jessica Gabriela Soehandoko Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Jeruk adalah buah yang mudah ditemukan di Indonesia. Mengkonsumsi jeruk menjadi hal yang baik karena buah jeruk memiliki banyak manfaat bagi kesehatan Anda.

Jeruk merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin C, sehingga memiliki manfaat baik dalam berolahraga atau untuk membantu mengatasi penyakit kronis tertentu.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai khasiat yang dapat Anda dapatkan, berikut beberapa khasiat dan efek samping dari jeruk yang perlu Anda ketahui, yang dilansir dari Eatthis pada hari Minggu (1/8/21).

1. Kurangi kolesterol Anda

Jika Anda ingin menjaga kolesterol Anda dalam jangka yang sehat, mungkin Anda dapat memasukan jeruk kedalam menu konsumsi harian Anda. Berdasarkan dari Nutrition Research, menemukan bahwa konsumsi konsentrat serat jeruk dapat mengurangi kadar kolesterol serum total sebanyak 10,6 persen dalam waktu empat minggu.

Selain itu, berdasarkan dari studi Nutrition Research menemukan bahwa jika Anda mengonsumsi jus jeruk, maka dapat menurunkan kolesterol jahat atau LDL selama periode 60 hari.

2. Membantu mengurangi rasa sakit setelah berolahraga

Jika Anda ingin pulih lebih cepat terutama dari rasa sakit setelah berolahraga, maka mengonsumsi jeruk dapat menjadi solusinya. Jeruk memiliki kandungan vitamin C yang dapat menangkis beberapa efek samping setelah latihan.

International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism mempublikasikan sebuah uji coba terkontrol secara acak, sekelompok pria dewasa yang sehat yang diberi vitamin C atau plasebo setelah latihan berulang, mereka yang diberikan vitamin C melaporkan nyeri otot yang jauh lebih sedikit di dalam tubuh dalam 24 jam pertama berolahraga.

3. Jeruk dapat mengurangi risiko kanker kerongkongan

Jeruk dapat memiliki efek pencegahan terhadap jenis kanker tertentu dikarenakan memiliki sumber asam sitrat yang baik. Menurut sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam Cell Journal, konsentrasi asam sitrat yang lebih tinggi terbukti efektif dalam mengurangi proliferasi sel kanker kerongkongan dan menyebabkan kematian sel.

4. Jeruk dapat membantu mengatur pencernaan

Jeruk rata-rata mengandung 2,8 gram serat, yang dapat membantu menjaga saluran pencernaan Anda bergerak secara teratur. Dari studi yang diterbitkan dalam Drug Intervention Today pada tahun 2019, menemukan bahwa di antara 30 subjek penelitian yang mengalami sembelit, makan jeruk memberikan pereda gejala yang efektif.

5. Jeruk dapat membantu dalam mengurangi risiko serangan jantung

Berdasarkan dari penelitian Nutrients dalam tinjauan penelitian tahun 2017 yang mempelajari sekelompok 13.421 peserta dalam kohort Seguimiento Universidad de Navarra selama rata-rata 11 tahun, para peneliti menemukan bahwa asupan vitamin C yang lebih tinggi dikaitkan dengan tingkat penyakit maka akan berdampak pada kardiovaskular yang lebih rendah.

Namun, dibalik banyaknya manfaat yang ditawarkan dengan mengonsumsi jeruk, Jika Anda memiliki permasalahan dalam risiko penyakit hati maka Anda perlu membatasi asupan jeruk Anda.

Berdasarkan dari studi yang menghubungkan konsumsi fruktosa tinggi dengan perkembangan penyakit hati berlemak non-alkohol (NAFLD) dan penelitian yang diterbitkan dari Nutrition dalam menghubungkan konsumsi jeruk mentah dengan peningkatan risiko NAFLD pada sekelompok 27.214 orang dewasa, faktanya mereka yang makan tujuh atau lebih jeruk dalam seminggu memiliki risiko 17% lebih tinggi terkena NAFLD daripada anggota populasi referensi penelitian.

Oleh karena itu, pastikan Anda mengonsumsi jeruk dalam porsi yang tidak berlebihan, agar mendapat khasiat jeruk dengan lebih efektif.

Sumber : Bisnis.com