Sering Alami Gangguan Penglihatan? Begini Tips Mengatasinya

Sakit mata - boldsky.com
03 Agustus 2021 10:37 WIB Anissa Putri Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Seseorang yang memiliki penglihatan rendah atau gangguan penglihatan karena kondisi seperti rabun jauh, katarak, atau glaukoma merupakan sebuah tantangan dalam indra penglihatan manusia. 

Hal tersebut membuat seseorang membutuhkan kacamata saat membaca atau mengemudi Maka, tidak mengherankan bahwa gangguan penglihatan yang lebih serius dikaitkan dengan tingkat depresi yang tinggi pada orang-orang dari segala usia.

Melansir dari health.harvard.edu, berikut langkah-langkah kecil yang dapat dilakukan untuk mempermudah hidup ketika memiliki gangguan penglihatan:

1. Gunakan Fitur Aksesibilitas

Fitur komputer atau smartphone tertentu bisa sangat berguna. Misalnya, Anda dapat memperbesar font, memperbesar foto, atau meminta komputer atau ponsel Anda membacakan dokumen, item kalender, teks, atau email.

Tetapi mungkin diperlukan sedikit pengetahuan teknologi untuk menyiapkan fitur-fitur tersebut atau setidaknya kesabaran untuk mencari langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur dan mengerjakannya. Misalnya, komputer Anda mungkin memiliki fitur aksesibilitas yang dapat membacakan area teks yang Anda sorot dengan keras.

2. Coba Aplikasi yang Bermanfaat

Banyak aplikasi pada smartphone masa kini dapat melakukan pekerjaan yang dapat membantu mempermudah pekerjaan manusia. Salah satunya, adanya aplikasi yang dapat memperbesar gambar yang bekerja seperti kaca pembesar, memberi Anda tampilan lebih dekat saat Anda memegang ponsel di atas suatu objek. 

Ada juga aplikasi yang dapat melihat sesuatu yang ada di depan kita. Ada deskripsi singkat tentang apa pun dari benda yang ditempatkan di depan kamera Anda. Terdapat pula aplikasi yang dapat membacakan isi sebuah buku dan aplikasi asisten virtual seperti Google Assistant, yang melakukan pekerjaan yang sama seperti speaker pintar.

3. Sesuaikan Posisi Rumah Secara Terstruktur

Anda mungkin merasa terbantu untuk membuat perubahan di sekitar rumah Anda. Labeli objek, seperti laci, buku, telepon, peralatan, botol bumbu, dan apa pun yang mungkin perlu bantuan untuk mengidentifikasi. Gunakan font besar dan kontras tinggi pada label, membuatnya lebih mudah dilihat.

Item lain dengan angka atau huruf ekstra besar termasuk buku, timbangan, termometer, keyboard komputer, termostat, jam, pedometer, remote TV, kalkulator, dan jam tangan. Pencahayaan memainkan peran penting dalam penglihatan.

Tambahkan lebih banyak lampu di seluruh rumah untuk menerangi jalan atau mungkin membantu untuk menerangi di ruangan tertentu. 

4. Pikirkan Kembali Saat Ingin Mengemudi

Mengemudi bisa sangat sulit bagi orang yang memiliki gangguan penglihatan. Jika mengemudi malam hari terlalu sulit, ajak teman atau anggota keluarga untuk mengantar Anda di malam hari. Apabila terpaksa untuk mengemudi, pilih jalan yang lebih sepi dan menghindari jalan raya, banyak lampu lalu lintas, dan lampu yang mendekat yang dapat menyebabkan silau.

Sumber : Bisnis.com