Advertisement

2 Makanan yang Harus Dihindari Jika Ingin Punya Kulit Mulus

Janlika Putri Indah Sari
Selasa, 03 Agustus 2021 - 16:37 WIB
Budi Cahyana
2 Makanan yang Harus Dihindari Jika Ingin Punya Kulit Mulus Ilustrasi - Esteticausine

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Jerawat adalah kondisi kulit umum yang memengaruhi kulit.

Jerawat memiliki dampak besar pada kepercayaan diri, citra tubuh, dan kualitas hidup, tetapi sangat sulit untuk dikelola dan dihilangkan. Jerawat disebabkan oleh perubahan hormonal dan genetika. Tidak mengatur asupan makanan akan membuat kondisi jerawat makin parah.

Advertisement

Dilansir dari express, Selasa (3/8/2021) ahli diet, Harriet Smith mengakui bahwa jerawat disebabkan oleh perubahan hormonal dan genetika. Namun untuk membuat perubahan kecil dan memperbaiki kondisi bisa dilakukan dari perubahan pada pola makan dan gaya hidup. Perubahan itu dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Ini berarti bahwa apa yang Anda makan dapat memengaruhi seberapa parah jerawat Anda. Dan itu berarti ada makanan tertentu yang dapat memicu kekambuhan.

Berikut adalah dua makanan yang harus dihindari untuk kulit yang bersih dari jerawat:

1. Susu

Ada perdebatan yang sedang berlangsung mengenai apakah susu terkait dengan jerawat. Dengan beberapa penelitian menunjukkan kemungkinan hubungan dan yang lain tidak menemukan hubungan antara keduanya.

Sebaiknya hindari susu, keju, dan produk lain yang mengandung produk susu, seperti cokelat, kue, dan biskuit, jika jerawat Anda sangat parah sehingga berdampak pada hidup Anda.

Jika Anda memilih untuk menghindari produk susu, diet bebas susu terencana dengan baik yang sehat dan seimbang dapat memberi semua nutrisi bagi tubuh
Namun, mengecualikan produk susu dan hewani berarti Anda bisa kehilangan nutrisi tertentu seperti kalsium, vitamin B12, dan yodium.

2. Lemak

Menurut Harriet diet tinggi lemak dapat meningkatkan risiko terkena jerawat.
Namun, tidak semua lemak itu jahat. Jadi Anda tidak boleh menghilangkan lemak dari menu sepenuhnya.

Penting untuk dicatat bahwa memiliki beberapa lemak dalam makanan Anda adalah bagian penting dari diet yang sehat.

“Cobalah untuk mengurangi asupan makanan tinggi lemak jenuh seperti daging merah dan olahan, kue kering dan kue, dan ganti dengan lemak tak jenuh yang menyehatkan jantung seperti minyak zaitun,minyak ikan, kacang-kacangan dan alpukat,” saran Harriet.

Menurut Harriet, jika ingin mengurangi atau menghilangkan jerawat, sebaiknya coba ikuti pola makan ala mediterania.
"Diet gaya Mediterania mengandung buah-buahan dan sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, lemak sehat jantung seperti minyak zaitun, kacang-kacangan dan biji-bijian dan protein tanpa lemak mengurangi risiko jerawat," sarannya.

Dia juga menambahkan untuk selalu mendapatkan cukup vitamin A seperti produk susu, telur, hati, ikan berminyak, dan sayuran kuning, merah, dan hijau berdaun. Itu karena vitamin A membantu tubuh Anda memproduksi sel kulit baru, yang mencegah kulit mati menyumbat pori-pori.

Kemudiaan, vitamin C adalah antioksidan yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran seperti jeruk, stroberi, paprika, brokoli, dan kentang, dan penelitian telah menunjukkan bahwa sifat antioksidannya dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

Vitamin C juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit dengan membantu tubuh memproduksi kolagen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

AJARAN AGAMA: Generasi Milenial Dinilai Penting Belajar Fikih

Bantul
| Rabu, 24 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement