Advertisement

Ini Cara Sederhana Mengatasi Sakit Pinggang

Newswire
Rabu, 04 Agustus 2021 - 03:17 WIB
Nina Atmasari
Ini Cara Sederhana Mengatasi Sakit Pinggang Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Sebagian orang mengalami nyeri atau rasa tidak nyaman pada pinggang dan punggung bagian bawah. Umumnya, mereka mengalami rasa sakit yang hilang timbul maupun terus menerus.

Dokter spesialis bedah saraf, Siloam Hospitals Palangkaraya, Michael Lumintang Loe, Msi., Mked ( neurosorg)., Sp BS, FINPS menjelaskan bahwa sakit pinggang paling sering disebabkan oleh aspek mekanik, yakni cedera otot, sendi atau celah ruang saraf di area pinggang.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Kondisi ini bisa terjadi akibat posisi tubuh yang salah, mengangkat benda berat, atau melakukan gerakan secara berulang. Seiring pertambahan usia, nyeri di pinggang sering menjadi keluhan pasien, dan merupakan kasus poliklinik terbanyak ke dua, setelah penyakit influenza.

Baca juga: Mengunyah Permen Karet Sambil Berjalan Bisa Bikin Kurus

"Hampir 84 persen manusia, pernah mengeluhkan nyeri pinggang semasa hidupnya. Selain disebabkan oleh salah gerakan, posisi atau mengangkat beban berat, sakit punggung bawah ini juga dapat disebabkan oleh gangguan organ dalam seperti ginjal, saluran kemih, atau masalah tulang belakang," kata Michael, dalam keterangannya, Selasa, (3/8/2021).

Pengobatan sakit pinggang sendiri dapat disembuhkan dengan terapi yang tepat. Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa sakit pinggang itu bisa sembuh dengan sendirinya tanpa perlu operasi.

"Beberapa cara dilakukan untuk meredakan rasa sakitnya, seperti mengompres area yang terasa nyeri atau sakit, mengistirahatkan pinggang dengan bantuan bantal, atau mengonsumsi obat pereda rasa sakit untuk memulihkannya," kata dia.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa melalui terapi pengobatan, penyembuhan nyeri pinggang dapat dilihat hasilnya. Umumnya dalam dua Minggu terdapat 70 persen perbaikan, lalu meningkat hingga 90 persen pada 6 Minggu.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Waspada Potensi Bencana Alam di DIY Dua Bulan ke Depan!

Jogja
| Kamis, 01 Desember 2022, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Jiang Zemin Berpulang, Korsel Pastikan Tak Kirim Delegasi ke Pemakaman, Ini Alasannya

News
| Kamis, 01 Desember 2022, 14:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement