Ini Daftar Makanan Favorit 7 Presiden di Indonesia

Foto Ilustrasi soto.
04 Agustus 2021 11:47 WIB Dewi Andriani Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Semua orang punya makanan favorit, termasuk presiden di Indonesia.

Makanan yang mereka favoritkan umumnya adalah makanan tradisional di tanah air.

Penasaran makanan apa saja yang jadi pilihan para pemimpin nomor satu di Indonesia itu? Berikut daftarnya :

1. Soekarno

Soekarno memiliki banyak makanan favorit yang merakyat banget dan mudah ditemui, salah satunya adalah tempe. Menu olahan tempe bacem menjadi makanan yang dicari setiap hari oleh presiden pertama Indonesia ini.

Selain tempe, makanan yang juga digemari Bung Karno adalah sate. Beliau bahkan disebut pernah memesan 50 tusuk sate ayam usai dilantik sebagai presiden. Sebagai penggemar sate, ia juga memiliki tempat sate favorit, yakni di Jalan Asia Afrika, Bandung.

Untuk sayurannya, Sukarno sangat menyukai sayur lodeh, rawon, sayur asem dan sambal terasi.  Sementara selama masa pengasingan di Bengkulu, Soekarno memiliki menu favorit yaitu Bagar Hiu dan Pais Ikan.

2. Soeharto

Presiden kedua Indonesia ini sangat menyukai tiwul, semacam singkong rebus yang dimakan bersama gula aren. Kue tradisional lain yang juga disukai Soeharto adalah arem-arem.

Selain itu, Pak Harto juga senang menikmati menu sederhana seperti ikan bilih, apalagi disajikan bersama tempe bacem, sayur lodeh dan nasih hangat, nikmatnya.

Seperti masyarakat Indonesia pada umumnya, Soeharto juga gemar menikmati mie instan, bahkan beliau menganggapnya sebagai camilan atau makanan selingan.

3. BJ Habibie

Presiden ke-3, Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang akrab disapa BJ Habibie, ini dikenal sebagai tokoh yang memiliki kecerdasan tinggi. Selain didukung dengan ketekunan dan kedisiplinannya, pola makan ternyata adalah faktor lainnya.

Habibie disebut sangat gemar menikmati berbagai olahan ikan mulai dari ikan goreng, ikan bakar maupu sup ikan yang menjadi masakan khas Sulawesi.

Selain ikan, menu yang harus selalu ada di meja makan adalah sayur karena beliau memang sangat menyukai berbagai jenis sayur-sayuran.

Habibie juga menyukai Barongko, makanan khas Makassar yang terbuat dari buah pisang yang dihaluskan dan dicampur santan, telur, serta gula kemudian dimasak dengan bungkus daun pisang.

4. Abdurrahman Wahid

Presiden Abdurrahman Wahid sangat menyukai aneka kreasi kuliner khas rumah makan Padang. Favoritnya adalah gulai otak sapi gulai, gulai limpa, serta dendeng batoko.

Dendeng batokok dibuat dari irisan tipis dan lebar. Setelah daging sapi diiris tipis melebar, lalu dipukul-pukul dengan batu cobek supaya dagingnya menjadi lembut. Kemudian makanan ini diberi cabai hijau yang diiris kasar.

Selain makanan Padang, Gus Dur juga menyukai kuliner khas Jombang, yaitu nasi kikil dengan menu favorit lodeh kikil dan lidah sapi.

5. Megawati

Megawati dikenal memiliki kedekatan dengan masyarakat Bali. Setiap kali berkunjung ke provinsi tersebut Mega selalu menikmati menu favoritnya, salah satunya ikan bakar khas Gianyar.

Selain ikan bakar, putri Sukarno ini juga menyukai Bakmi jawa. Megawati juga memiliki makanan kesukaan yang sama dengan Gus Dur yaitu gado-gado, makanan yang berisi campuran sayur rebus dan irisan telur rebus yang disiram saus kacang.

6. Susilo Bambang Yudhoyono

Susilo Bambang Yudhoyono yang akrab disapa SBY ini menyukai tahu sumedang dan tempe bacem yang dinikmati lengkap dengan cabai rawit.

Untuk menu makanan sehari-hari, yang menjadi favoritnya adalah pecel lele, pecel madiun, dan telur dadar. Selain itu, SBY juga menyukai nasi goreng.

Adapun menu favoritnya saat berkunjung ke Pacitan adalah kalakan (ikan diasap), jathilan (ikan goreng bertepung ubi), serta sayur ikan bumbu pedas.

7. Jokowi

Presiden Jokowi juga sangat menyukai berbagai menu masakan rumahan seperti sup ayam, sayur bening bayam, soto kuning, tumis pepaya muda, bakwan jagung, hingga tumis oseng tempe.

Nah, saat pulang ke Kota Solo, Jokowi memiliki kuliner langganan seperti Ayam Goreng Mbah Karto, menu yang biasa dipilih ialah ayam goreng dengan sambal blondho (sambal hitam).

Selain itu, Jokowi juga kerap berkunjung ke Gudeg Mbak Yus yang berisi nasi, ayam opor, tahu opor, telur pindang, krecek, daun singkong rebus dan gudeg nangka.

Kedai makan yang juga telah menjadi langgana Jokowi sejak menjadi walikota Solo adalah Soto Gading dengan hidangan andalan soto berkuah kental dari kaldu ayam bening yang dipadukan soun, dahing ayam suwir, bawang merah goreng, dan irisan daun seledri. Seger banget.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia