Hasil Penelitian: Ada 4 Tipe Hubungan, Anda Termasuk yang Mana?

Ilustrasi - Wundergroundmusic
05 Agustus 2021 08:27 WIB Jessica Gabriela Soehandoko Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Sebuah studi meneliti tentang tipe hubungan setiap pasangan.

Tiga peneliti meminta sekitar 400 pasangan untuk melacak bagaimana perasaan mereka tentang hubungan mereka dan bagaimana komitmen mereka untuk menikahi pasangan mereka.

Para peneliti mengikuti masing-masing pasangan selama sembilan bulan, yakni mengajukan beberapa pertanyaan dan meminta mereka untuk melacak seberapa besar komitmen yang mereka rasakan dari waktu ke waktu.

Setelah sembilan bulan, peneliti kemudian mengumpulkan tanggapan dari pasangan dan menemukan kecenderungan yang dikategorikan menjadi empat tipe. Dilansir dari upworthy, berikut empat tipe hubungan pasangan.

1. Berkonflik namun bergairah

Tingkat komitmen hubungan ini cenderung naik dan turun dari waktu ke waktu, terutama setelah pertengkaran, namun hal ini belum tentu yang buruk. Hubungan dengan tipe ini menggunakan konflik itu untuk membantu mereka membuat keputusan tentang hubungan. Selain itu hubungan tipe ini cenderung mengikuti penurunan yang bergejolak dengan kenaikan yang penuh gairah.

2. Fokus pada partner

Pasangan dalam tipe ini berfokus pada pasangan dan cenderung menghabiskan banyak waktu bersama serta berbagi hobi. Kegiatan tersebutlah yang membuat mereka menjadi maju. Pasangan ini cenderung lebih berhati-hati dan memikirkan keputusan hubungan mereka, dan membangun dari dalam hingga ke luar. Pasangan ini cenderung paling puas secara keseluruhan.

3. Tipe ‘social butterfly’

Pasangan ini sering menggunakan waktu yang dihabiskan bersama teman-teman untuk menginformasikan dan membangun hubungan mereka sebagai pasangan. Mereka juga cenderung cukup stabil dan memiliki tingkat cinta yang lebih tinggi berdasarkan perasaan persahabatan satu sama lain. Indikator ini dapat menjadi indikator yang baik untuk kebahagiaan jangka panjang.

4. Dramatis

Pasangan tipe ini cenderung membuat keputusan berdasarkan pengalaman negatif atau hal-hal dari luar hubungan. pasangan ini mengalami banyak pasang surut, dan komitmen yang cenderung berayun liar.

Dari tipe keempat hubungan tersebut, tidak ada hubungan yang paling terbaik atau yang paling benar. Pasangan yang berbeda bekerja dan tumbuh secara berbeda. Hal ini akan menciptakan jalur yang berbeda.

Brian Ogolsky sebagai penulis studi juga mengakui bahwa hasil temuannya tidak mencakupi semua tipe hubungan. Tipe hubungan juga tidak ada yang paling benar dikarenakan manusia sendiri adalah makhluk sosial. Cinta, persahabatan, gairah, dan komitmen adalah bagian dari pengalaman manusia. Memahami hubungan bisa sama pentingnya dengan memahami diri kita sendiri

Hal yang dapat Anda pelajari adalah menggunakan pengalaman untuk membuat keputusan terutama dalam hubungan Anda. Hal ini termasuk dari konflik yang pernah Anda alami yang dapat mempengaruhi tingkat komitmen Anda.

Sumber : bisnis.com