Mudah, Begini Cara Membersihkan Sedotan Reusable Berbahan Stainless Steel

Ilustrasi. - Freepik
05 Agustus 2021 21:57 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Sedotan reusable atau sedotan yang bisa digunakan kembali, kini semakin banyak digunakan orang. Sedotan ini di antaranya berbahan stainless steel. Sedotan reusable dinilai membantu dalam meminimalisir penggunaan sampah sedotan plastik. Nah, begini cara membersihkan sedotan reusable berbahan stainless steel atau bambu.

Diketahui, sedotan reusable dikenal juga sebagai sedotan yang dapat digunakan berulang-ulang. Itu artinya, sedotan ini dapat dibersihkan dan kemudian bisa digunakan lagi. Sedotan jenis ini umumnya terbuat dari bahan stainless steel, silikon, maupun bambu.

Bagi yang menggunakan sedotan reusable berbahan stainless steel atau bambu, pastikan untuk selalu membersihkannya. Cara membersihkannya pun harus benar dan tepat karena sedotan tersebut akan kembali digunakan.

Mengutip dari laman Well and Good, Stace Feeley selaku CEO Go Sili menyampaikan bahwa pastikan sedotan reusable selalu dalam kondisi bersih baik pada bagian luar maupun dalam. Hal itu mengingat sedotan akan digunakan kembali.

Melalui Well and Good, Feeley juga menyampaikan cara bersihkan sedotan reusable berbahan stainless atau bambu atau silikon. Bagaimana cara membersihkannya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Bersihkan Sedotan Reusable yang Benar

Feeley menyampaikan, untuk memudahkan membersihkan sedotan reusable berbahan silikon yaitu dengan menggunakan sedotan yang mampu bersihkan dirinya sendiri.

Sedotan jenis ini umumnya bertekstur lentur dan lembut. Begini cara membersihkan sedotan reusable yang benar dan tepat menurut Feeley.

  • Basuh sedotan di bawah air sabun hangat yang mengalir
  • Kemudian, remas tiap sisi sedotan secara bersamaan
  • Gosok setiap sisinya agar mampu membersihkan dirinya sendiri
  • Setelah itu, basuh lagi sedotan dengan air mengalir sampai sisa sabun menghilang dan bersih

Selain cara di atas, bisa juga menggunakan cara lainnya seperti berikut ini:

  • Siapkan sikat sedotan
  • Siapkan air sabun untuk membersihkan bagian dalam sedotan
  • Sikat atau gosok bagian dalam sedotan menggunakan sikat sabun yang sudah dicampur air sabun
  • Gosok hingga semua kotoran atau partikel di dalam sedotan menghilang
  • Bilas sedotan hingga bersih dari sabun
  • Setelah itu, sedotan dapat digunakan kembali dan letakan pada keranjang dengan posisi vertikal.

Adapun cara lainnya yang bisa digunakan untuk membersihkan sedotan reusable berbahan stainless steel atau bambu maupun silikon yaitu membasuhnya dengan menggunakan mesin pencuci piring. Selain itu, bisa juga dengan cara merebus sedotan untuk proses sterilisasi.

Demikian informasi mengenai cara bersihkan sedotan reusable berbahan stainless atau silikon atau bambu Stace Feeley. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sumber : Suara.com