Advertisement

Catat! Ini Makanan Yang Perlu Dikonsumsi dan Dihindari saat Isoman

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 06 Agustus 2021 - 08:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Catat! Ini Makanan Yang Perlu Dikonsumsi dan Dihindari saat Isoman Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri atau isoman perlu memerhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Alih-alih mempercepat pemulihan, konsumsi makanan maupun minuman yang kurang tepat bisa memperlambat proses pemulihan.

Ahli Gizi UGM, Aviria Ermamilia M.Gizi.,RD., menyarankan agar pasien isoman mengonsumsi makanan yang beragam sesuai dengan prinsip gizi seimbang. Sebab, tidak ada satu jenis bahan makanan dengan kandungan gizi yang lengkap.

Advertisement

“Kalau untuk pasien isoman sebenarnya tidak ada spesifik satu jenis makanan apa yang perlu dikonsumsi karena tidak ada super food. Namun dianjurkan konsumsi makanan yang tinggi kalori dan tinggi protein sebab saat seseorang terkena infeksi kebutuhan akan energi dan proteinnya lebih tinggi dari biasanya,” urainya dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Rabu (4/8/2021).

Disamping itu juga menjaga asupan vitamin dan mineral tercukupi. Lalu, konsumsi buah dan sayur yang cukup.

Namun, Dosen Departemen Gizi dan Kesehatan FKKMK UGM ini juga merekomendasikan pasien isoman untuk menghindari makanan maupun minuman yang tinggi kandungan gula, garam, dan lemak. Sebab selain berisiko memperburuk peradangan, konsumsi makanan dengan kandungan gula, garam, dan lemak berlebih juga dapat memicu munculnya penyakit-penyakit lainnya.

Ia menjelaskan untuk batasan konsumsi gula per hari adalah 4 sendok makan. Sementara itu batasan konsumsi garam per hari adalah 4 sendok teh dan konsumsi lemak 5 sendok makan per hari.

“Sebaiknya hindari makanan/minuman dengan kandungan gula, garam, dan lemak berlebih seperti gorengan, makanan cepat saji, makanan kemasan, dan lainnya. Sebaiknya konsumsi makanan beragam dengan gizi seimbang,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Penemuan Jenazah di Dam Sungai Opak, Polres Bantul Selidiki Identitas

Bantul
| Selasa, 16 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

PPP Disebut Pengamat Segera Gabung Prabowo

News
| Selasa, 16 April 2024, 15:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement