Advertisement

Jangan Terbalik, Ini Urutan 7 Perawatan Kulit pada Pagi Hari

Newswire
Jum'at, 06 Agustus 2021 - 18:37 WIB
Nina Atmasari
Jangan Terbalik, Ini Urutan 7 Perawatan Kulit pada Pagi Hari Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Pada pagi hari, ada banyak aktivitas perawatan kulit yang umumnya dilakukan oleh perempuan. Sejumlah make up dipoleskan secara berurutan guna melindungi kulit saat beraktivitas sepanjang hari serta mempercantik wajah.

Dilansir Dermstore, urutan sangatlah penting ketika membicarakan langkah perawatan kulit. Hal ini disampaikan oleh Dr. Heather Rogers , dokter kulit bersertifikat dan ahli bedah kulit. Menurutnya, menerapkan produk skincare dalam urutan yang tepat akan memastikan bahwa kulit menerima manfaat penuh dari setiap produk.

Advertisement

"Jika Anda tidak menerapkan produk dalam urutan yang benar, Anda tidak akan melihat hasil terbaik dari rejimen perawatan kulit Anda," kata Dr. Rogers.

Aturan praktis yang mudah untuk diikuti lanjut dia adalah mengoleskan produk dengan konsistensi paling tipis hingga paling kental, atau dari cair ke krim.

"Secara umum, berpikir tipis-ke-tebal, tetapi Anda juga ingin terlebih dahulu menggunakan produk dengan bahan-bahan yang paling penting untuk menembus ke dalam kulit (seperti antioksidan dalam serum) dan menyelesaikannya dengan produk-produk yang perlu berada di lapisan paling atas kulit," jelas Dr. Rogers.

Nah, berikut adalah urutan perawatan kulit yang tepat khusus untuk pagi hari, seperti yang dijelaskan Dr. Rogers.

1. Pembersih

Di pagi hari, mulailah dengan menyiram wajah dengan air hangat atau, jika perlu, cuci dengan pembersih wajah lembut yang dirancang untuk jenis kulitmu.

2. Toner

Kebanyakan orang memilih untuk melewatkan toner, karena ada anggapan bahwa kebanyakan toner bersifat keras dan mengiritasi kulit. Namun, sebenarnya, hal tersebut adalah anggapan yang salah.

Meskipun tidak secara fisik mengecilkan pori-pori, toner dapat memiliki banyak manfaat, seperti bertindak sebagai sistem pengiriman untuk antioksidan, turunan vitamin B, dan bahkan pengencang. Selain itu, setiap jenis toner saat ini ditujukan untuk masalah kulit yang berbeda, jadi penting untuk menggunakan jenis yang tepat untuk masalah kulit Anda.

"Toner diciptakan untuk membantu mengembalikan pH kulit setelah menjadi terlalu basa dari sabun yang keras,” jelas Dr. Rogers.

3. Serum antioksidan

Serum adalah perawatan super-konsentrat dan padat nutrisi yang mengatasi masalah tertentu. Ada berbagai serum yang tersedia di pasaran saat ini, tetapi untuk pagi hari, Dr. Rogers merekomendasikan serum antioksidan , yang memberikan berbagai manfaat, mulai dari menumpulkan respons peradangan kulit hingga menetralkan kerusakan kulit akibat sinar UV dan polutan lingkungan.

4. Krim mata

Menurut Dr. Annie Chiu, dokter kulit bersertifikat, sangat penting untuk mengoleskan krim mata setidaknya setiap malam dan dua kali sehari saat Anda mulai menginjak usia 20-an.

"Ini tentang menjaga kesehatan dan ketebalan kulit kelopak mata. Memperbaiki kualitas kulit di area ini sejak dini memastikan kulit kelopak mata tidak mudah kehilangan kekencangan dan tampilannya yang mulus di kemudian hari," kata dia.

5. Pengobatan

Menurut Dr. Diane De Fiori, dokter kulit di Rosacea Treatment Clinic, obat resep dan perawatan jerawat perlu diterapkan sedekat mungkin dengan kulit untuk memaksimalkan manfaatnya.

Karena perawatan jerawat berbeda dalam bahan aktif, periksa kemasan produk atau konsultasikan dengan dokter kulit untuk cara terbaik untuk menerapkannya.

Benzoil peroksida dengan kekuatan resep, bahan perawatan jerawat yang umum, memiliki waktu kerja satu hingga tiga jam, menurut ahli kecantikan dan spesialis jerawat Ashley Wiley.

"Krim apa pun yang bersentuhan dengannya sebelum menyelesaikan pekerjaannya kemungkinan akan menghambat bahan aktif bekerja dengan benar," jelas dia.

6. Pelembab

Ya, setiap orang membutuhkan pelembab, bahkan jika Anda memiliki kulit berminyak.

"Meskipun tubuh Anda memiliki sistem pelumas alami sendiri yang terdiri dari kelenjar yang mengeluarkan minyak (atau sebum) untuk mempertahankan lapisan pelindung terhadap kondisi luar yang keras dan infeksi, kebanyakan dari kita memang membutuhkan hidrasi ekstra setelah kerusakan akibat sinar matahari, cuaca, dan bahan kimia keras. merusak kulit kita,” jelas Dr. Sandra Kopp, dokter kulit bersertifikat.

Kebanyakan ahli merekomendasikan bahwa waktu terbaik untuk mengoleskan pelembap adalah saat kulit masih lembap, jadi semakin cepat Anda menerapkan serum dan produk laim, semakin cepat Anda dapat mengunci hidrasi yang sangat dibutuhkan dengan pelembap Anda.

7. Tabir Surya

Tabir surya harus menjadi langkah terakhir dalam rutinitas perawatan kulit pagi hari jika Anda menggunakan tabir surya fisik atau mineral, yang bekerja dengan menghalangi sinar UV secara fisik. Langkah ini menjadi rumit ketika Anda menggunakan tabir surya kimia.

"Tabir surya kimia harus diserap ke dalam kulit agar efektif, jadi menerapkan setelah pelembab akan menunda dan menghambat itu. Namun, jika Anda mengoleskan tabir surya kimia sebelum pelembap, pelembap Anda juga tidak akan berfungsi dengan baik karena kulit dilapisi dengan tabir surya kimia," jelasnya.

Untuk menyiasatinya, Dr. Rogers merekomendasikan penggunaan tabir surya fisik dengan seng dan menerapkannya setelah pelembab Anda.

"Seng aman, efektif dan memberikan perlindungan terluas terhadap sinar UVA dan UVB," jelasnya.

Sedangkan bagi yang suka menggunakan tabir surya kimia, coba cari formula yang menawarkan manfaat pelembab, sehingga Anda bisa mendapatkan kebutuhan hidrasi harian sekaligus melindungi kulit Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Masuk Awal Kemarau, BPBD DIY Pastikan DIY Tidak Perpanjang Status Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi

Jogja
| Rabu, 08 Mei 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Libur Panjang Kenaikan Yesus Kristus, Operasional KRL Jogja Solo Ditambah Jadi 30 Perjalanan

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 00:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement