5 Cara Sederhana Tingkatkan Jaga Mulut

Ilustrasi - JIBI/Bisnis.com
07 Agustus 2021 13:27 WIB Anissa Putri Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Banyak orang tidak mengetahui bahwa mulut dapat menjadi alarm kesehatan seseorang. Selain berfungsi sebagai jalur masuknya makanan dan minuman, mulut juga bisa menjadi pintu masuk berbagai penyakit maupun bakteri ke dalam tubuh.

Menjaga kesehatan mulut merupakan hal yang penting dan dapat berpengaruh kepada tubuh agar terhindar dari penyakit. Namun, masih banyak orang yang menyepelekan pentingnya menjaga kesehatan mulut. 

Menurut Florida News Times, berikut tips tentang cara meningkatkan kesehatan mulut:

1. Berhenti Menghindari Kunjungan ke Dokter Gigi 

Kecemasan seseorang meningkat saat akan mengunjungi dokter gigi. Tapi itu tetap bukan alasan untuk meniadakan kesehatan mulut. Kunjungan rutin ke dokter gigi dapat mencegah masalah yang sudah ada sebelumnya, seperti penyakit gusi atau kerusakan gigi, agar tidak semakin parah. 

Dokter gigi dapat membantu Anda menangkap masalah potensial sebelum menjadi masalah. Kunjungi Dokter Gigi setiap enam bulan untuk mendapatkan pembersihan pengecekan berkala kesehatan mulut Anda.

2. Ubah Kebiasaan Menyikat Gigi

Semua orang tahu bahwa menyikat gigi itu penting. Tetapi yang mungkin tidak Anda ketahui adalah cara menyikat dan sikat gigi yang Anda gunakan penting untuk diperhatikan. American Dental Association (ADA) merekomendasikan penggunaan sikat berbulu lembut yang memungkinkan sikat kecil melingkar. 

Idealnya, Anda ingin mengikuti pola ini selama dua menit, setidaknya dua kali sehari. Jangan lupa untuk sering mengganti sikat gigi baru setiap beberapa bulan sekali agar tidak mengurangi daya kerjanya.

3. Ganti pasta gigi

Meskipun mungkin meningkatkan kesehatan mulut dapat dilakukan dengan pemilihan sikat gigi yang tepat, namun memilih pasta gigi yang tepat juga mempengaruhi kesehatan mulut Anda. Pastikan pasta gigi yang Anda gunakan mengandung fluoride. Fluoride memperkuat enamel, memungkinkan gigi Anda untuk lebih efektif melawan plak dan bakteri alami dari sisa makanan.

4. Berhenti merokok

Bukan rahasia lagi bahwa merokok dan mengunyah tembakau tidak baik untuk Anda. Produk terkait tembakau terkait dengan berbagai masalah kesehatan mulai dari kanker hingga diabetes dan penyakit jantung. Jika untuk beberapa alasan tidak cukup untuk meyakinkan Anda untuk berhenti merokok, Anda harus tahu bahwa tembakau dapat menggerogoti gigi Anda dan mengikis enamel gigi.

Sumber : JIBI/Bisnis.com