Bun, Makanan dan Nutrisi Ini Bisa Bikin Janin Lebih Cerdas

Ilustrasi ibu hamil
10 Agustus 2021 21:17 WIB Ni Luh Anggela Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Selain ditentukan oleh faktor genetik, ternyata kecerdasan janin sangat dipengaruhi  lingkungan dalam hal ini kecukupan nutrisi.

Caranya cukup mudah Bun, hanya dengan memastikan asupan gizinya tercukupi agar terhindar dari gangguan kesehatan.
 
dr Muhammad Ilham Aldika Akbar, seorang fetomaternal consultant melalui laman Instagramnya @dr_aldi_obgyn, Selasa (10/8/2021) membagikan makanan dan nutrisi yang penting untuk mencerdaskan janin dalam rahim.
 
1. Minum suplemen vitamin kehamilan setiap hari

Untuk mencukupi keseimbangan nutrisi vital pada janin, sangat penting untuk mengonsumsi asam folat, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, zinc dan elemen penting lainnya.
 
2. Makan sayur dan buah

Sayur dan buah mengandung antioksidan yang melindungi otak janin dari kerusakan. dr Aldi menyarankan untuk mengonsumsi sayur dan buah  200 gram per hari. Sayur hijau, strawberry, plum dan tomat adalah beberapa sayur dan buah yang kaya akan antioksidan.
 
3. Protein

Protein diperlukan untuk membuat hormon-hormon  ibu yang penting untuk perkembangan otak janin. Tingkatkan asupan protein 10 gram per hari. Sumber terbaik protein bisa Anda temukan pada daging, ayam dan telur.
 
4. Cukupi zat besi

Zat besi membantu mengirim oksigen ke janin. Jika bayi kekurangan oksigen, maka pertumbuhan janin akan terhambat dan IQ menurun. Makanan kaya zat besi bisa Anda peroleh dari daging merah, ayam, kacang polong dan sereal.
 
5. Tembaga

Tembaga penting untuk perkembangan otak janin, di area Hippocampus dan Gyrus dentata, area berpikir dan belajar otak. Kacang almond, mente, alpukat, terong, kacang hitam, bayam dan beberapa makanan lainnya merupakan sumber makanan yang kaya akan tembaga.
 
6.  Kolin

Kolin adalah nutrisi berupa senyawa yang larut dalam air dan lemak, serta bersifat organik. Sebagai nutrisi, kolin menjalankan fungsi vital untuk tubuh, mulai dari perkembangan otak hingga fungsi sistem saraf. Defisiensi kolin menyebabkan gangguan pembentukan sel otak dan saraf. Kolin dapat Anda temukan pada daging, kacang dan telur.
 
7.  DHA

Docosahexaenoic acid (DHA) merupakan salah satu mineral terpenting untuk perkembangan otak dan kecerdasan bayi. Anda dapat menemukan DHA pada ikan salmon, COD, tuna, dan suplementasi minyak ikan.
 
Selain makan makanan bernutrisi, Anda juga perlu untuk menghindari zat berbahaya seperti merkuri, alkohol, rokok, dan obat-obatan agar terhindar dari infeksi.

Sumber : Bisnis.com