Anak Perlu Didampingi Jelang Menstruasi, Ini yang Sebaiknya Dilakukan Orang Tua

Ilustrasi. - Freepik
11 Agustus 2021 22:37 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Perempuan lazimnya mengalami menstruasi pertama kali di masa masih anak-anak. Dampingan dari orang tua sangat penting untuk mempersiapkan anak tersebut menuju dewasa.

Dalam beberapa budaya, mensturasi atau haid memang masih jadi hal yang tabu. Seringkali orang tua menahan diri untuk tidak menyentuh topik seperti itu dan gagal mempersiapkan anak-anak mereka untuk perubahan yang seharusnya datang.

Padahal, tubuh perempuan diprogram untuk menstruasi. Ini adalah proses alami yang berhubungan dengan kesuburan dan berfungsinya organ reproduksi perempuan secara sehat.

Baca juga: 5 Tanda Anda Terinfeksi Covid-19 Tanpa Disadari

Untuk itu, berikut ini cara mempersiapkan anak perempuan sebelum menstruasi seperti dilansir Times of India.

Seringkali ketika berbicara tentang menstruasi, kita cenderung berbicara lebih banyak tentang mitos dan stereotip yang terkait dengan menstruasi, daripada berfokus pada fakta.

Menstruasi adalah proses alami dan tidak boleh dipandang sebagai sesuatu yang najis atau kotor. Sebaliknya, itu sehat. Tidak seperti bentuk perdarahan lainnya, menstruasi berbeda. Itu terjadi ketika lapisan dalam rahim, yang terdiri dari darah dan jaringan tua, keluar dari tubuh.

Tidak hanya perlu mempersiapkan anak tentang perubahan tubuh yang akan terjadi, tetapi orang tua juga harus mendidik tentang persediaan yang mereka perlukan untuk memastikan siklus menstruasi yang lancar.

Baca juga: Anak Jangan Sampai Kekurangan Vitamin A di Masa Pandemi Covid-19, Ini Alasannya

Dari pembalut, tampon hingga kantong air panas untuk kram menstruasi, bantu anak mengatur barang-barang penting yang Anda perlukan selama menstruasi.

Sebagai orang tua, tugas kamu bukan hanya menyediakan perlengkapan menstruasi untuknya. Tetapi juga harus membantu mereka menggunakan semuanya. Setiap item memiliki cara penerapannya sendiri yang unik. Baik pembalut atau tampon, ada banyak tip dan trik yang hanya bisa dilakukan oleh orang yang berpengalaman.

Sementara beberapa perempuan tetap tanpa gejala atau memiliki gejala ringan, ada beberapa yang mengalami kesulitan dengan kram menstruasi. Karena itu, persiapkan putri Anda terlebih dahulu. Beberapa cara mengatasi nyeri haid adalah sebagai berikut.

  • Gunakan bantal pemanas atau kantong air panas.
  • Mandi air hangat.
  • Olahraga teratur juga dapat meningkatkan aliran darah dan mengurangi kram.
  • Obat-obatan harus diresepkan oleh dokter, tetapi sampai sangat mendesak, tidak boleh diminum.

Sumber : Suara.com