Dari Warna hingga Perilakunya, Ini 7 Cara Membedakan Kelamin Ikan Cupang

Ikan cupang. - Shutterstock
12 Agustus 2021 22:07 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja,com, JOGJA - Di masa pandemi Covid-19, memelihara ikan cupang menjadi tren baru. Kolektor ikan cupang pemula mungkin masih mengalami kesulitan membedakan jenis kelamin ikan cupang. Agar tidak bingung, begini cara membedakan kelamin ikan cupang.

Diketahui, biasanya ikan cupang usia remaja akan memperlihatkan perbedaan seksual. Melansir dari The Spruce Pets (12/8/2021), simak beberapa cara membedakan kelamin ikan cupang yang perlu kamu tahu.

1. Warna

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengetahui jenis kelamin pada ikan cupang yaitu dapat dilihat dari warnanya. Umumnya, ikan cupang jantan memiliki warna yang lebih cerah dibandingkan ikan cupang betina. Meski ada juga sejumlah ikan cupang betina yang warnanya cenderung lebih cerah.

2. Garis-garis vertikal

Cara berikutnya bisa dengan memerhatikan garis-garis vertikal yang terdapat pada Ikan cupang. Umumnya, garis-garis vertikal ini akan terlihat pada ikan cupang betina yang akan siap kawin, sedangkan untuk ikan cupang jantan tidak akan memperlihatkan garis-garis vertikal.

3. Bentuk tubuh

Cara selanjutnya untuk membedakan jenis kelamin pada ikan cupang yaitu dapat dilihat dari bentuk tubuhnya. Umumnya, ukuran ikan cupang betina cenderung lebih pendek dengan bentuk badan yang lebih lebar dibandingkan dengan ikan cupang jantan.

Untuk bentuk ikan cupang jantan, biasanya memiliki ukuran tubuh cenderung lebih panjang dan sedikit lebih rata dibanding ikan cupang betina.

4. Sirip

Sirip ikan cupang jantan biasanya cenderung lebih panjang, bahkan terkadang ukurannya tiga hingga empat kali lebih panjang dibandingkan sirip ikan cupang betina.

Sedangkan beberapa varian ikan cupang jantan juga ada yang mempunyai ukuran sirip ekor yang cenderung pendek. Untuk sirip perut pada ikan cupang jantan juga terlihat lebih panjang serta lebih tebal dibandingkan sirip betina.

5. Tempat telur

Perbedaan berikutnya dapat terlihat pada bagian tempat telurnya. Umumnya, betina dewasa memperlihatkan ‘titik telur’ (ovipositor) di antara sirip dubur dan sirip perut. Sedangkan ikan cupang jantan cenderung jarang memperlihatkan keberadaan tempat telur di tubuhnya.

6. Jenggot

Ikan cupang jantan mempunyai ukuran jenggot yang cenderung lebih besar, bahkan menjadi terlihat sangat besar saat sedang tak melebar. Sedangkan yang betina cenderung memiliki ukuran jenggot yang lebih kecil, bahkan tidak terlihat saat sedang tak melebar.

7. Perilaku

Cara membedakan berikutnya juga dapat dilihat dari perilakunya. Ikan cupang jantang cenderung lebih kuat dan agresif, jadi jangan sampai terdapat lebih dari satu ikan cupang jantang dalam sebuah aqurium. Sedangkan ikan betina sedikit lebih kalem.

Nah, itulah 7 cara membedakan kelamin ikan cupang yang super mudah, sehingga kamu tidak lagi kesulitan untuk membedakanya.

Sumber : Suara.com