Mudah Dicoba, Ini 3 Cara Membersihkan Kasur dari Debu dan Noda

Bayi sedang tidur di atas tempat tidur. Kasur harus dibersihkan setiap hari untuk menghindari debu dan tungau. - ilustrasi
17 Agustus 2021 22:57 WIB Rika Anggraeni Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Kasur yang bersih membuat kualitas tidur malam Anda lebih baik. Hal ini karena Anda membutuhkan waktu untuk tidur selama rata-rata tujuh atau delapan jam setiap malam.

Kasur menjadi tempat yang sering dihabiskan setiap saat. Artinya, kasur juga menyimpan partikel jahat, mulai dari tungau, jamur, hingga sel-sel kulit mati manusia. Anda tentu menyadari setiap malam atau setelah bangun tidur merasakan punggung atau kepala yang berkeringat.

Jika Anda berpikir membersihkan kasur merupakan pekerjaan yang sulit, maka tidur Anda akan menjadi tidak nyaman. Anda dapat dengan mudah membersihkan kasur dalam tiga cara sederhana.

Melansir dari Tips and Tricks, Selasa (17/8/2021), berikut 3 tips membersihkan kasur dari debu, noda, hingga tungau.

  1. Bersihkan tungau dan debu

Cara termudah untuk mengatasi debu adalah dengan memasang pelapis-pelapis pada penyedot debu Anda. Caranya adalah tekan dengan kuat untuk menghilangkan debu yang berada di bawah permukaan lapisan atas kasur.

Kemudian, gunakan lampiran sempit untuk masuk ke jahitan dan di sepanjang tepinya. Jika Anda memiliki steamer pakaian bisa mempemudah Anda untuk membersihkan tungau dan debu pada kasur. Anda bisa mulai menyedot debu untuk membunuh dan menghilangkan tungau debu.

  1. Hapus noda lama

Jika Anda memiliki peliharaan, seperti kucing, dan tidur dengan Anda. Maka, akan menyisakan bulu-bulu di kasur yang membuat tidur Anda tidak nyaman. Atau jika Anda suka makan di tempat tidur, kemungkinan akan ada noda di kasur Anda.

Cara termudah untuk menghilangkan noda di kasur, yaitu Anda hanya perlu sedikit soda kue, cairan pembersih, dan hidrogen peroksida. Masukan setengah peroksida ke dalam botol dan tambahkan dua sendok makan soda kue. Terakhir, tambahkan sedikit sabun cuci piring. Kocok botol dan gunakan campuran tersebut untuk membersihkan kasur Anda.

  1. Hilangkan bau

Anda bisa menghilangkan bau tak sedap dengan cairan pembersih jok, seperti HG atau Rodalon. Caranya adalah dengan campurkan cairan dengan air. Kemudian, tepuk-tepuk pembersih kasur dengan kain atau sikat dan biarkan meresap selama sekitar 30 menit. Lalu, bilas dengan air bersih. Biarkan area tersebut mengering sebelum kasur digunakan.

Selain cara itu, ada pula natrium bikarbonat juga dikenal kemampuannya dalam menghilangkan bau. Caranya, taburkan natrium bikarbonat di area yang bermasalah dan biarkan selama sekitar 10 menit sebelum Anda menghapusnya dengan penyedot debu. Solusi ini lebih ramah lingkungan.

Sumber : Bisnis.com