Banyak Serat, Ini 7 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Saat Sembelit

Buah Kiwi - Blackpeppercorn
20 Agustus 2021 16:27 WIB Janlika Putri Indah Sari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Sembelit merupakan masalah dalam sistem ekskresi manusia yaitu sulit buang air besar. Gangguan ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Perut akan menimbulkan sensasi tidak nyama seperti kembung, terasa penuh dan terlihat buncit.

Oleh karena itu, tubuh membutuhkan banyak serat untuk melancarkan pencernaan.

Dilansir dari womensweekly, Kamis (19/8/2021) berikut beberapa makanan kaya serat untuk membantu mengatasi sembelit :

1. Beri

Buah beri rendah kalori dan tinggi serat yang membuat proses buang air menjadi lebih lancar.

2. Popcorn

Popcorn adalah gandum utuh yang merupakan camilan kaya serat. Namun, hindari popcorn mentega agar tidak menambah berat badan, pilihlah rasa yang alami.

3. Biji

Taburkan biji-bijian seperti chia atau rami ke dalam makanan Anda untuk serat tambahan. Biji-bijian ini mengandung serat yang tidak larut untuk menyerap air, sehingga akan menambah jumlah kotoran agar mudah buang air besar.

4. Gandum

Oat atau gandum mengandung serat larut dan tidak larut. Pilih oat mentah yang memiliki nilai gizi paling tinggi.

5. Kiwi

Kiwi mengandung lebih sedikit fruktosa gula alami dibandingkan dengan buah-buahan lain, tetapi tetap sangat lezat. Satu porsi kiwi mengandung 3.4g serat dan merupakan sumber yang kaya vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

6. Bayam

Bayam kaya akan magnesium dan pencahar alami. Magnesium melemaskan otot-otot usus sehingga membuat tinja lebih mudah bergerak.

7. Aneka kacang

Kacang-kacangan adalah sumber serat yang bisa membantu kotoran mudah bergerak ke usus dengan mudah. Dengan kemampuan itu, kacang akan menolong permasalahan sulit buang air besar. Namun, kacang juga diketahui menyebabkan perut kembung, jadi baiknya konsumsi secara perlahan.

Sumber : Bisnis.com