Kenali 7 Khasiat Air Kelapa untuk Kesehatan

Air kelapa
20 Agustus 2021 23:07 WIB Janlika Putri Indah Sari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA— Belakangan air kelapa menjadi minuman yang cukup trendi. Bahkan, minuman dari cairan buah kelapa muda itu juga hadir dalam versi kemasan.

Air kelapa biasanya berasal dari kelapa muda yang berumur sekitar 6-7 bulan, meskipun juga ditemukan pada buah yang matang.

Saat buah kelapa matang, sebagian cairan tetap ada di tengah, sementara sisanya menjadi daging putih padat yang dikenal sebagai daging kelapa. Kelapa hijau rata-rata menyediakan sekitar 1/2-1 cangkir air kelapa.

Memiliki cita rasa manis, air kelapa juga mengandung beberapa nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan.

Dirangkum dari healtline, Jumat (20/8/2021) berikut 7 manfaat air kelapa untuk kesehatan :

1. Sumber beberapa nutrisi yang baik

Air kelapa merupakan sumber alami dari beberapa mineral penting. Air kelapa mengandung 94% air dan sangat sedikit lemak. Jangan bingung dengan santan dari parutan kelapa. Santan mengandung sekitar 50% air dan cukup tinggi lemaknya.

2. Memiliki sifat antioksidan

Air kelapa mengandung antioksidan yang telah terbukti bermanfaat dalam penelitian yang melibatkan tikus dan tikus, tetapi penelitian pada manusia masih kurang.

3. Dapat membantu menurunkan gula darah bagi penderita diabetes
Studi pada hewan dengan diabetes menunjukkan bahwa air kelapa dapat meningkatkan kontrol gula darah, tetapi perlu penelitian lebih lanjut yang melibatkan manusia untuk mengetahui efeknya pada manusia.

4. Membantu mencegah batu ginjal

Minum cukup cairan penting untuk pencegahan batu ginjal.
Penelitian awal menunjukkan bahwa air dari kelapa dapat membantu mencegah batu ginjal dengan mengurangi pembentukan kristal dan batu. Namun, lebih harus banyak penelitian dilakukan, khususnya yang melibatkan manusia.

5. Dapat mendukung kesehatan jantung

Minum air kelapa dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.
Dalam sebuah penelitian yang lebih tua dari tahun 2008, peneliti memberi makan tikus diet yang kaya lemak dan kolesterol. Mereka juga memberi makan satu kelompok air kelapa dosis tinggi (4 ml per 100 gram berat badan).

Setelah 45 hari, kelompok air kelapa mengalami penurunan kadar kolesterol dan trigliserida yang mirip dengan efek obat statin yang digunakan untuk menurunkan kolesterol.

Perlu diingat bahwa ini adalah dosis yang sangat tinggi. Dalam istilah manusia, itu akan setara dengan 150 pon (68 kg) orang yang mengonsumsi 91 ons (2,7 liter) air kelapa per hari. Maka diperlukan penelitian yang melibatkan manusia.

6. Bermanfaat setelah olahraga berkepanjangan

Air kelapa mungkin merupakan minuman yang sempurna untuk memulihkan hidrasi dan mengisi kembali elektrolit yang hilang selama berolahraga.

Elektrolit adalah mineral yang memainkan beberapa peran penting dalam tubuh Anda, termasuk menjaga keseimbangan cairan yang tepat. Beberapa elektrolit vital termasuk kalium, magnesium, natrium, dan kalsium.

Karena air kelapa mengandung elektrolit seperti kalium dan magnesium, beberapa penelitian menemukan bahwa air kelapa mungkin lebih bermanfaat daripada air untuk rehidrasi setelah berolahraga .
Faktanya, satu studi kecil tahun 2014 di Brasil menemukan bahwa air kelapa meningkatkan kapasitas olahraga lebih baik daripada air atau minuman isotonik lainnya.

7. Sumber hidrasi yang lezat

Air kelapa dapat dikonsumsi langsung dari kelapa hijau atau dibeli dalam botol. Hindari merek dengan tambahan gula, pemanis, atau rasa.

Sumber : bisnis.com