Kenali 6 Gejala Serangan Jantung yang Tidak Biasa

Serangan jantung - boldsky.com
24 Agustus 2021 13:17 WIB Jessica Gabriela Soehandoko Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA -  Serangan jantung adalah keadaan darurat medis yang serius, dimana suplai darah ke jantung tersumbat secara tiba-tiba. Hal ini terjadi biasanya dikarenakan pembekuan darah.

Seringkali kita mengetahui beberapa gejala serangan jantung yang umum. Namun berdasarkan penelitian, terdapat beberapa gejala yang tidak biasa.

Dalam beberapa kasus, serangan jantung terkadang terlambat ditangani dikarenakan kurangnya pengetahuan yang memadai. Hal ini dikarenakan serangan jantung juga terjadi dengan cepat.

Berdasarkan penelitian yang dilaporkan JAMA Cardiology dalam mengidentifikasi orang-orang yang pernah mengalami serangan jantung, terdapat beberapa gejala yang dikenali dan tidak dikenali. Penelitian tersebut diikuti oleh 935 orang dewasa di Islandia dengan usia rata-rata 76 tahun, dan mengikuti selama 13 tahun.

Berdasarkan dari MRI Jantung yang dapat mengungkapkan kerusakan oleh serangan jantung, dari hasil penelitian menunjukan bahwa 17 persen peserta pernah mengalami serangan jantung yang tidak dikenali, dan 10 persen lainnya mengalami serangan jantung yang dikenali.

Setelah tiga tahun, mereka yang mengalami serangan jantung yang tidak diketahui kemungkinan meninggalnya, tidak lebih besar daripada orang yang tidak memiliki riwayat serangan jantung.

Namun setelah 10 tahun, sekitar setengah dari orang-orang dengan serangan jantung yang tidak dikenali telah meninggal, yakni tingkat yang hampir identik dengan mereka yang telah mengenali serangan jantung.

Harvard Health, mengatakan bahwa terdapat enam gejala yang tidak biasa, yang diasosiasikan dengan serangan jantung, yakni sebagai berikut.

1. Sesak napas
2. Kelemahan
3. Mual atau muntah
4. Pusing
5. Sakit punggung atau rahang
6. Kelelahan yang tidak dapat dijelaskan.

Menurut badan kesehatan, hal ini mungkin lebih sering terjadi pada wanita dan orang tua. Terlebih lagi, penelitian telah menjelaskan prevalensi dan hasil jangka panjang dari serangan jantung yang tidak diketahui.

Jika Anda mengalami serangan jantung, Anda harus segera mendapatkan pertolongan medis. Selama menunggu, Anda dapat duduk dan tetap tenang dan mengambil aspirin 300mg jika Anda memilikinya.

Sedangkan untuk mencegahnya, National Health Service (NHS) menyarankan Anda untuk mengubah gaya hidup Anda. Mengubah gaya hidup adalah cara yang paling efektif. Hal ini seperti mengonsumsi makanan sehat dan seimbang, tidak merokok, menjaga tekanan darah, dan menghindari makanan yang dapat mengakibatkan banyak plak lemak yang menumpuk di arteri Anda.

Sumber : Bisnis.com