Advertisement

Kenali 7 Tanda Awal Kamu Mengidap Diabetes

Ni Luh Anggela
Selasa, 24 Agustus 2021 - 13:27 WIB
Bhekti Suryani
Kenali 7 Tanda Awal Kamu Mengidap Diabetes Ilustrasi Diabetes - www.telegraph.co.uk

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Diabetes merupakan kondisi ketika insulin tidak dapat mengatur kadar gula darah  Anda, sehingga menyebabkan gula menumpuk di darah Anda.
 
Secara umum, diabetes dibedakan menjadi dua jenis, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 terjadi ketika sistem kekebalan tubuh Anda menyerang sel-sel yang memproduksi insulin. Biasanya, ini tidak terkait dengan usia atau berat badan Anda, dan penderita diabetes tipe 1 akan membutuhkan suntikan insulin.
 
Sementara itu, diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh tidak menghasilkan cukup insulin, atau sel-sel Anda tidak bereaksi terhadap insulin. Diabetes tipe 2 merupakan jenis diabetes yang paling sering terjadi. Mengutip Alodokter, Selasa (24/8/2021), sekitar 90 hingga 95 persen penderita diabetes di dunia menderita diabetes tipe ini.
 
Melansir Express, Selasa (24/8/2021), kadar glukosa yang tinggi dalam aliran darah Anda dapat menyebabkan sejumlah gejala, termasuk gejala awal diabetes seperti:

1)  Kelelahan: sebagai akibat dari sel-sel Anda menyerap lebih sedikit glukosa.
2)  Kelaparan: sama seperti kelelahan, sel-sel Anda menyerap lebih sedikit glukosa sehingga mereka mengirimi Anda sinyal lapar.
3)  Sering buang air kecil: saat ginjal Anda mencoba menyaring kelebihan glukosa, Anda mungkin buang air kecil lebih sering.
4)  Haus dan dehidrasi: karena sering buang air kecil, Anda mungkin merasa sangat haus dan kulit Anda menjadi kering.
5)  Penglihatan kabur: konsekuensi lain dari dehidrasi adalah penglihatan kabur.
6)  Infeksi jamur: kelebihan glukosa dapat membuat pria dan wanita lebih rentan terhadap infeksi jamur.
7)  Luka yang tidak sembuh-sembuh: luka dan luka yang lambat sembuh bisa menjadi tanda awal diabetes karena kerusakan saraf memperlambat penyembuhan tubuh Anda.
 
Gejala Diabetes Tipe 1

Advertisement

Diabetes tipe 1 biasanya datang dengan sangat cepat. Hal ini paling sering didiagnosis pada anak-anak, jadi jika Anda memiliki riwayat keluarga diabetes, Anda harus mengawasi anak-anak Anda dengan cermat untuk melihat apakah mereka menunjukkan tanda-tanda peringatan ini:

1) Penurunan berat badan yang tiba-tiba dan tidak dapat dijelaskan
Ini karena sel-sel Anda tidak menerima cukup glukosa, mereka membakar lemak sehingga menyebabkan Anda menurunkan berat badan dengan cepat.
 
2) Mual dan muntah
Sebagai akibat dari pembakaran lemak, hati Anda menghasilkan zat yang disebut keton ke dalam aliran darah Anda. Tingkat keton yang tinggi dapat membuat Anda merasa sakit.
 
Gejala Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 disebabkan oleh sel-sel Anda menjadi resisten terhadap insulin. Resistensi insulin berarti Anda menyerap lebih sedikit glukosa dari darah Anda. Diabetes tipe 2 kadang-kadang dikenal sebagai diabetes gaya hidup karena pilihan gaya hidup Anda dapat meningkatkan kemungkinan Anda terkena diabetes tipe 2.
 
Anda lebih berisiko terkena diabetes tipe 2 jika Anda: kelebihan berat badan, tidak rajin berolahraga, terlalu banyak mengonsumsi makanan manis dan tinggi karbohidrat, memiliki tekanan darah tinggi dan berusia di atas 45 tahun.
 
Tanda-tanda Anda mengalami diabetes tipe 2 biasanya:

1) Kesemutan atau mati rasa di tangan dan kaki Anda
Diabetes tipe 2 dapat merusak saraf dan sirkulasi Anda. Nyeri, kesemutan, dan mati rasa dapat disebabkan oleh kerusakan saraf atau sirkulasi yang buruk.
 
2) Area kulit yang lebih gelap
Anda dapat mengembangkan kondisi yang disebut acanthosis nigricans yang menyebabkan area kulit lebih gelap seperti beludru, terutama di sekitar ketiak, selangkangan dan leher.
 
3) Disfungsi ereksi
Pria mungkin mengalami disfungsi ereksi untuk pertama kalinya, atau lebih sering, sebagai akibat dari masalah sirkulasi dan saraf yang menyertai diabetes tipe 2.
 
Jika Anda menduga bahwa Anda mungkin menderita diabetes, jangan tunda untuk membuat janji dengan dokter Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Imsak dan Buka Puasa Wilayah Jogja dan Sekitarnya, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement