6 Tips Saat Membangun Bisnis Kos-Kosan

Ilustrasi. - Freepik
25 Agustus 2021 05:37 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Kos-kosan atau rumah indekos merupakan salah satu invertasi yang banyak menjadi pilihan di Jogja. Banyak orang sering tergiur untuk memulai usaha kos-kosan. Ini karena keuntungan yang didapatkan cukup besar.

Maka tidak heran jika sebagian mulai memberanikan diri untuk terjun di usaha tersebut. Nah, sebelum memulai bisnis tersebut, ada baiknya untuk mengikuti enam tips ini seperti yang diungkap oleh Property Expert Pinhome Vina, dalam acara Bisnis Properti Gaya Baru: Bangun Kos-Kosan Yuk, Senin (23/8/2021).

Lokasi yang strategis

Dalam membangun usaha kos-kosan, yang harus dilakukan adalah dengan menentukan lokasi yang strategis. Seperti di perkotaan misalnya, atau lokasi yang tak jauh dari perkantoran dan jarak ke kampus.

“Jadi lokasi yang strategis ini kayak deket dari kampus dan perkantoran, jadi bisa bikin orang tidak menggunakan kendaraan umum. Cukup jalan kaki aja,” ungkapnya.

Memiliki perizinan kosan

Membangun usaha kos-kosan sudah pasti harus memiliki perizinan. Vina mengatakan, jika membangun kosan dengan kamar lebih dari 10, membutuhkan lebih banyak izin. Ini berbeda dengan di bawah sepuluh kamar.

“Jadi izinnya tidak sebanyak di atas sepuluh kamar, kayak surat dari kecamatan dan lain-lain misalnya. Tapi legalitasnya kita juga perlu memiliki surat perizinan,” ucap Vina.

Sesuaikan harga

Selanjutnya yang perlu diperhatikan bagi pemilik kosan adalah, menentukan harga yang sesuai target pasar. Jika target pasarnya adalah mahasiswa, pertimbangkan harga sesuai mahasiswa. Begitu juga harga sewa per bulan bagi pekerja.

“Kita tentukan target market kita. Kalau untuk mahasiswa, artinya lokasinya deket kampus dan sesuaikan harganya, juga fasilitas apa yang kita miliki,” ungkapnya.

Berikan fasilitas tambahan

Tidak hanya memberikan fasilitas di dalam kosan saja, bagi calon pemilik kos perlu perhatikan juga fasilitas tambahan. Misalnya, bisa dilakukan dengan menambah fasilitas laundry dan juga catering.

Promosikan bisnis kosan

Selanjutnya, yang perlu dilakukan untuk menarik peminat penghuni kos adalah dengan mempromosikan bisnis nya lewat sosial media. Selain itu, ia mengatakan ada cara lain juga bisa dilakukan, yakni dengan mempromosikan lewat program member get member.

Utamakan tingkat kenyamanan dan keamanan penghuni

Terakhir, bagi calon pemilik kosan juga harus utamakan tingkat kenyamanan serta keamanan bagi penghuni nya. Menurut Vina, jangan sampai kosannya ramai tapi keamanannya tidak terjamin.

“Seperti sering kebobolan atau sering ada kemalingan. Jadi kita harus tetap mengutamakan keamanan,” pungkasnya.

Sumber : Suara.com