Advertisement

Mengandung Nutrisi, Ini 5 Khasiat Rumput Laut Bagi Tubuh

Newswire
Kamis, 26 Agustus 2021 - 14:57 WIB
Nina Atmasari
Mengandung Nutrisi, Ini 5 Khasiat Rumput Laut Bagi Tubuh Rumput laut. - Shutterstock

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Rumput laut bukan hal yang asing di Indonesia. Jenis tanaman yang tumbuh di perairan tenang ini memang sering digunakan sebagai bahan makanan. Selain rasanya yang enak, rumput laut juga memiliki banyak kandungan nutrisi.

Menurut studi dari Marine Drugs, rumput laut mengandung protein, karbohidrat, serat, mineral, dan asam lemak tak jenuh ganda. Selain itu, penelitian di Journal of Applied Phycology juga menunjukkan rumput laut mengandung vitamin C, vitamin B, vitamin A, vitamin E, zat besi, yodium, serta antioksidan.

Advertisement

Dengan beragam nutrisi tersebut, rumput laut menyimpan sejumlah potensi manfaat untuk kesehatan lho. Berikut daftarnya seperti yang dikutip dari siaran pers GAIA VR.

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Serat dalam rumput laut bermanfaat sebagai sumber makanan bakteri usus. Tak hanya itu, kandungan gula dalam rumput laut juga berguna untuk meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Anda akan terhindar dari gangguan kesehatan pencernaan seperti sembelit atau konstipasi.

2. Mengurangi Risiko Diabetes
Menambahkan rumput laut ke dalam makanan dapat membantu meningkatkan asupan serat seseorang tanpa peningkatan kalori yang besar. Senyawa dalam rumput laut juga dapat mengurangi faktor risiko diabetes, seperti peradangan, kadar lemak tinggi, dan sensitivitas insulin.

3. Menjaga Kestabilan Kadar Kolesterol
Rumput laut juga sangat baik untuk kesehatan jantung. Hal ini karena kandungan omega asam lemak dan omega-3 serta antioksidan yang mampu menurunkan tekanan darah, mengurangi kolesterol jahat (LDL) maupun kolesterol total, serta mencegah terjadinya pembekuan darah.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Senyawa antioksidan dan anti-alergenik dalam rumput laut memiliki kemampuan untuk melawan berbagai virus. Rumput laut juga mengandung 3 miligram vitamin C 3 per porsi, sehingga bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh. Sangat cocok untuk dikonsumsi di masa pandemi seperti saat ini.

5. Menurunkan Berat Badan
Kandungan fucoxanthin dalam rumput laut mampu menyerap pengendapan lemak di dalam usus, dan membersihkan usus dengan sangat baik. Hal ini tentu saja mempermudah penurunan berat badan karena nutrisi terserap lebih baik. Selain itu kandungan serat dalam rumput laut juga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat mengontrol porsi makan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Calon Perseorangan Pilkada DIY 2024 Harus Mengantongi Ini

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement