Sering Sembelit? Coba Minum Jus Buah Ini

Jus apel
26 Agustus 2021 21:37 WIB Ni Luh Anggela Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Buang air besar merupakan tahap akhir dari proses pencernaan. Buang air besar yang rutin sangat berpengaruh pada kesehatan Anda. Hal ini karena feses merupakan limbah tubuh yang harus dibuang setiap hari, untuk menghilangkan racun dalam tubuh Anda.
 
Terkadang, seseorang mengalami susah buang air besar, atau yang kita kenal dengan sembelit. Mengutip Klik Dokter, Kamis (26/8/2021), sembelit atau konstipasi adalah suatu kondisi ketika seseorang mengalami kesulitan saat melakukan buang air besar, antara lain karena feses yang keras.
 
Ketika Anda mengalami sembelit, ini mungkin dapat mengganggu aktivitas Anda. Jika Anda sedang mencari beberapa obat sembelit di rumah, jus buah yang tepat mungkin bisa menjadi jawabannya.
 
Melansir Live Strong, Kamis (26/8/2021), berikut rekomendasi jus buah terbaik untuk meringankan sembelit Anda.
 
1. Jus plum

Jus plum adalah jus nomor satu yang harus Anda konsumsi jika Anda mengalami sembelit, menurut Dr Andrew Boxer, MD, ahli gastroenterologi di Jersey City Medical Center. "Jus plum dianggap sebagai jus klasik untuk menghilangkan sembelit dan menjaga buang air besar secara teratur," katanya.
 
Dr. Boxer menjelaskan bahwa jus buah seperti prune bermanfaat untuk sembelit karena dua alasan utama:
 
1) Jus buah membantu menghidrasi dan melumasi usus kecil dan usus besar, tempat air diserap untuk membentuk feses.
2) Beberapa jus memiliki serat dan sifat alami lainnya yang dapat memiliki efek pencahar.
 
Jus plum adalah obat standar emas untuk sembelit karena  1 cangkir mengandung 2,6 gram serat makanan. Semua serat itu membantu meningkatkan feses sehingga dapat dikeluarkan dengan lebih mudah, dibantu dengan sedikit hidrasi jus buah.
 
Tapi ada satu alasan lagi mengapa jus plum bersinar di atas yang lain: Ini mengandung gula alami yang tidak dapat diserap yang disebut sorbitol.
 
2. Jus apel

Jika jus plum bukan favorit Anda, Dr Scott David Lippe, MD, seorang ahli gastroenterologi di New Bridge Medical Center di Paramus, New Jersey, merekomendasikan untuk mengonsumsi jus apel, karena ini adalah obat sembelit lain yang efektif. Seperti jus plum, jus apel mengandung sorbitol alami tingkat tinggi, yang merupakan pejuang sembelit utama.
 
Memang, sebuah studi kecil April 2020 di Food and Function menemukan bahwa jus apel dapat membantu orang dengan sembelit kronis.
 
Rasa jus apel juga jauh lebih enak daripada jus prune, yang membuat perut lebih mudah bagi banyak orang,  terutama anak-anak. Namun, pastikan untuk tidak minum terlalu banyak, atau Anda akan berakhir dengan sakit perut, Dr. Lippe memperingatkan.
 
3. Jus pir

Selain jus apel, Dr Lippe merekomendasikan jus pir untuk sembelit karena ini adalah jenis jus lain yang secara alami memiliki kadar sorbitol yang tinggi. "Jus pir memiliki sekitar empat kali lebih banyak sorbitol daripada yang Anda temukan dalam jus apel, jadi ini mungkin pilihan yang lebih baik untuk sembelit," catatnya.
 
Tidak banyak penelitian khusus tentang jus pir untuk sembelit, tetapi satu studi dari tahun 2001 di Australian Journal of Nutrition and Dietetics menemukan jus pir bermanfaat untuk mengatur fungsi usus. Namun, itu paling efektif setelah diminum secara teratur selama sekitar satu minggu.
 
Untuk membantu buang air besar tetap teratur, Dr. Lippe merekomendasikan makan makanan yang sehat, berolahraga setiap hari dan tetap terhidrasi. Jika Anda memasukkan jus ke dalam rencana itu, dia mengatakan untuk tetap mengonsumsi setengah cangkir setiap hari.

Sumber : Bisnis.com