Advertisement

Ingin Mental Anda Termotivasi? Ini Strateginya..

Jessica Gabriela Soehandoko
Jum'at, 27 Agustus 2021 - 10:07 WIB
Sunartono
Ingin Mental Anda Termotivasi? Ini Strateginya.. Ilustrasi motivasi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Terkadang kelelahan muncul dari diri sendiri, terutama ketika mulai bekerja lebih keras.

Kurangnya dorongan dalam diri Anda dapat menyebabkan burnout. Tanpa disadari, terkadang kita menciptakan ketakutan di dalam diri sendiri, seperti ketakutan dalam persaingan, kegagalan, kehabisan waktu dan kecewa. Terkadang Anda juga merasa takut untuk tidak cukup pintar, baik, kreatif, berbakat atau layak.

Advertisement

Memasukan rasa takut di dalam diri Anda terkadang memang berhasil untuk memberikan motivasi dalam jangka waktu yang pendek. Namun hal ini dapat membuat Anda menjadi kelelahan.

BACA JUGA : Reza Rahadian Beri Motivasi Peserta Charity for Disability

Anda secara terus menerus akan selalu berada dalam keadaan waspada untuk berusaha membuktikan diri Anda sendiri. Ketika Anda terus berada dalam keadaan tersebut, maka ANda mungkin merasa sulit dan tidak nyaman untuk bersantai.

Lalu bagaimana cara untuk memiliki motivasi yang tetap berkelanjutan, sehingga Anda dapat terus semangat dan mencapai lebih banyak tujuan-tujuan Anda tanpa kehabisan tenaga? Berikut 3 strategi yang dapat Anda terapkan, yang dilansir dari Fastcompany pada hari Rabu (25/08/21).

1. Gunakan zona genius Anda

Ketika Anda berada di zona Anda sendiri, maka Anda akan merasa lebih menyenangkan. Anda akan benar-benar berenergi daripada terkuras oleh apa yang Anda lakukan. Anda bahkan merasa lebih kuat dan menjadi lebih produktif dengan apa yang Anda sukai.

Untuk mengetahuinya, Anda dapat membuat daftar semua aktivitas Anda dan beri label pada kolom hal yang Anda sukai dan yang tidak Anda sukai. Pada baris, Anda juga dapat memberi label apa yang Anda kuasai dan yang tidak Anda kuasai. Temukan cara untuk menghabiskan lebih banyak waktu dalam hal-hal yang Anda kuasai.

2. Terhubung dengan visi dan misi pribadi Anda

Dibandingkan Anda terjebak di dalam ketakutan akan kegagalan dan membuktikan diri sendiri, hubungkan dengan visi dan misi Anda yang luas. Fokus pada mengapa apa yang Anda lakukan penting bagi Anda. Hubungkan tindakan Anda dengan misi dan visi Anda, yang secara tidak langsung akan menginspirasi dan memberi energi kepada Anda.

3. Luangkan waktu untuk sistem saraf Anda

Mengatur sistem saraf Anda untuk merasakan kedamaian dan ketenangan adalah salah satu cara untuk memastikan selalu termotivasi setiap harinya. Banyak orang yang terbiasa berjuang dan kelelahan merasa gelisah saat berlibur, dan tidak tahu bagaimana cara yang benar-benar rileks. Ini adalah tanda bahwa sistem saraf sangat tegang sehingga terasa lebih nyaman dengan kelelahan daripada relaksasi.

Jika Anda ingin mencapai puncak pribadi Anda tanpa kelelahan, inilah saatnya untuk mengurai sistem saraf Anda. Jadwalkan waktu istirahat Anda ke dalam kalender. Anda dapat berjalan-jalan, meditasi, yoga, mendengar musik atau membaca. Anda juga dapat berolahraga dan ingatlah jangan paksakan diri Anda hingga kapasitas 100 persen.

BACA JUGA : Sharing Komunikasi & Motivasi untuk Peningkatan SDM

Kualitas motivasi atau ‘bahan bakar’ yang Anda pasang, tentunya dapat mempengaruhi kualitas hasil Anda. Hal tersebut merupakan kunci utama agar dapat mencapai lebih banyak, tanpa merasa kehabisan tenaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Libur Panjang Paskah, Daop 6 Jogja Operasikan 5 KA Jarak Jauh Tambahan

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Bus Terjun dari Jembatan kemudian Terbakar, 45 Orang Dilaporkan Tewas

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement