Advertisement

Ini Gejala Kolesterol Tinggi Saat Usia Muda

Rika Anggraeni
Jum'at, 27 Agustus 2021 - 17:37 WIB
Budi Cahyana
Ini Gejala Kolesterol Tinggi Saat Usia Muda Ilustrasi - JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Menurut sebuah penelitian, disfungsi sensorik dapat menunjukkan kadar kolesterol tinggi.

Kolesterol tinggi adalah kondisi ketika seseorang memiliki terlalu banyak zat lemak yang disebut kolesterol LDL dalam darah. Kolesterol LDL sering disebut sebagai kolesterol jahat karena dapat menyumbat arteri.

Advertisement

Penyumbatan ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Sayangnya, proses ini sering tidak terdeteksi meskipun tidak selalu.

Penelitian menunjukkan perubahan fungsi sensorik dapat menunjukkan kadar kolesterol tinggi. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition, peneliti meneliti hubungan antara disfungsi rasa dan bau dan konsentrasi kolesterol darah.

Peneliti menggunakan kuesioner untuk menilai disfungsi bau dan rasa kronis pada 12.627 peserta China, masing-masing 10.418 pria dan 2.209 wanita. Mereka dikategorikan ke dalam tiga kelompok berdasarkan jumlah gangguan penciuman dan rasa, mulai dari 0 (terbaik) hingga 2 (terburuk).

Model linier umum digunakan untuk menguji perbedaan konsentrasi serum kolesterol total, kolesterol LDL, kolesterol HDL, dan trigliserida di seluruh kelompok dengan status bau dan rasa yang berbeda setelah disesuaikan untuk usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, merokok, minum, obesitas, dan riwayat penyakit kardiovaskular, kanker, dan cedera kepala.

Hasil menunjukkan adanya kasus disfungsi penciuman dan pengecapan masing-masing adalah 2,4 persen dan 1,2 persen. Disfungsi bau dan rasa yang lebih buruk dikaitkan dengan konsentrasi kolesterol total yang lebih tinggi.

"Dalam studi cross-sectional besar ini, disfungsi kemosensori dikaitkan dengan konsentrasi kolesterol total serum yang lebih tinggi di antara orang dewasa Cina,” kata para peneliti, dilansir dari Express.co.uk, Jumat (27/8/2021).

Kemosensor sendiri merupakan istilah medis untuk persepsi zat kimia, seperti dalam deteksi bau.

Namun, Anda dapat mendiagnosis kolesterol tinggi dalam tubuh. Akan tetapi kebanyakan orang tidak mengalami tanda-tanda peringatan yang terlihat.

Anda hanya dapat mengetahui apakah Anda memiliki kolesterol tinggi dengan melakukan tes darah. "Dokter mungkin menyarankan untuk melakukan tes jika menurut mereka kadar kolesterol Anda tinggi," jelas NHS.

Tes seperti ini dilakukan karena melihat dari faktor usia, berat badan atau kondisi lain yang dimiliki, seperti tekanan darah tinggi atau diabetes

Kabar baiknya, Anda dapat menurunkan kadar kolesterol Anda dengan cara memperbaiki gaya hidup Anda. Ada beberapa makanan yang tidak hanya merupakan bagian dari diet sehat, tetapi juga dapat membantu menurunkan kolesterol Anda secara aktif.

"Mengurangi lemak jenuh dan menggantinya dengan lemak tak jenuh adalah cara yang bagus untuk menurunkan kolesterol Anda,” jelas badan amal kolesterol Heart UK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pencegahan Kecelakaan Laut di Pantai Selatan, BPBD DIY: Dilarang Mandi di Laut

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Densus 88 Menangkap Lagi Satu Terduga Teroris, Total Delapan Orang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement