Ini 6 Jenis Olahraga yang Bikin Jantung Sehat

Ilustrasi berenang - boldsky.com
30 Agustus 2021 15:17 WIB Ni Luh Anggela Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Jantung memiliki tugas untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung yang sehat dan normal didukung oleh jaringan otot yang kuat dan bekerja dengan baik dalam memompa darah.

Data Kementerian Kesehatan RI di tahun 2019 menunjukkan penyakit jantung menjadi penyebab kematian terbanyak kedua di Indonesia. Agar jantung Anda tetap sehat, normal dan kuat, Anda perlu tetap aktif secara fisik.

Studi menunjukkan bahwa jalan cepat selama 30 menit sehari dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung. Namun, jika Anda tertarik untuk berolahraga dan ingin mendalami berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan kesehatan jantung, berikut beberapa latihan yang bisa Anda coba, melansir Times of India, Senin (30/8/2021).

1. Berlari

Berlari dengan kecepatan biasa atau sedang membuat jantung Anda terpompa. Ini juga dapat membantu meningkatkan kemampuan dalam jangka panjang, dan membuat Anda berumur panjang.

2. Yoga

Banyak orang yang mengira yoga hanya untuk meningkatkan fleksibilitas. Tapi jangan salah, yoga juga dapat meningkatkan detak jantung Anda dan menurunkan tingkat tekanan darah Anda.

3. Berenang

Mengutip Alodokter, Senin (30/8/2021), sebuah penelitian menunjukkan bahwa berenang dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan kemampuan tubuh dalam menggunakan oksigen. Ini juga dapat membantu menargetkan otot-otot seluruh tubuh Anda dan memperkuat tulang Anda.

4. Latihan interval

Latihan interval adalah cara yang bagus untuk mendapatkan latihan berukuran penuh dalam waktu singkat. Ini dapat membantu meningkatkan dan menurunkan detak jantung dan membakar banyak kalori.

5. Bersepeda

Studi menunjukkan bahwa bersepeda dapat meningkatkan detak jantung Anda serta kesehatan mental Anda. Mengendarai sepeda bahkan dengan kecepatan sedang selama 30 menit dapat memberi Anda banyak manfaat.

6. Menari

Jika Anda tertarik dan suka menari, sertakan dalam rutinitas harian Anda untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Anda juga dapat memilih Zumba jika ingin mencoba sesuatu yang berbeda.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia