15 Makanan Ini Ternyata Sangat Cocok Dibekukan

Bayam - bandt.com.au
30 Agustus 2021 20:37 WIB Ni Luh Anggela Lifestyle Share :

Harianjgoja.com, JAKARTA – Coba perhatikan freezer Anda, apa saja isinya? Anda mungkin bosan karena biasanya freezer Anda hanya diisi dengan es batu ataupun es krim.

Jika ingin mencoba mengisi sesuatu yang berbeda di freezer Anda, sudah saatnya untuk mulai mengatur dan mengisi freezer Anda dengan hal yang berbeda.
 
Tertarik untuk mencoba? Dari alpukat hingga bayam, berikut daftar makanan yang bisa Anda bekukan, melansir The Guardian, Senin (30/8/2021).
 
1. Alpukat

Membekukan alpukat matang akan merusak teksturnya menjadi sesuatu yang busuk, dan mengubahnya menjadi bubur berlendir. Sebaiknya, pilih alpukat yang tidak terlalu matang, Keluarkan dagingnya, potong-potong, olesi dengan sedikit jus lemon, masukkan ke dalam kantong freezer dan siap untuk digunakan ke dalam smoothie misalnya.
 
2. Cokelat

Yang ini rumit, namun masih bisa dilakukan. Kunci untuk membekukan cokelat adalah melakukannya dengan sangat lambat, karena perubahan suhu yang tiba-tiba dapat merusaknya, meninggalkan Anda dengan gumpalan sampah kapur yang pahit. Bungkus sekencang mungkin dalam kantong freezer, lalu masukkan ke dalam lemari es selama beberapa jam sebelum dipindahkan ke freezer.
 
3. Telur

Penting: jangan memasukkan telur utuh ke dalam freezer, karena akan membuatnya retak. Sebagai gantinya, pecahkan telur, kocok, beri garam, tuangkan ke dalam cetakan es batu, dan saat beku, pindahkan ke kantong freezer kedap udara. Berhati-hatilah, mereka akan membutuhkan 24 jam di lemari es untuk mencairkannya sebelum Anda dapat menggunakannya, setelah itu mereka dapat dimasak seperti biasa.
 
4. Tepung

Mengapa membekukan tepung? Untuk mencegah serangan serangga. Trik ini bekerja untuk semua jenis tepung, tetapi sangat baik untuk jenis khusus, seperti tepung almond atau kelapa, karena ini cenderung cepat rusak. Kosongkan tas ke dalam wadah, sisakan sedikit ruang untuk udara, dan bekukan. Saat Anda membutuhkannya, ambil saja jumlah yang diinginkan.
 
5. Jahe

Anda tidak hanya dapat membekukan jahe segar, tetapi Anda juga harus melakukannya. Dapatkan jahe segar yang bisa Anda temukan, potong menjadi beberapa bagian, bungkus, lalu cairkan sesuai kebutuhan.
 
6. Rempah

Potong halus herba segar dan masukkan ke dalam cetakan es batu. Isi cetakan dengan air, bekukan pindahkan ke kantong freezer dan Anda akan mendapatkan cara instan untuk mengangkat sup atau semur atau bumbu,tanpa perlu memotongnya.
 
7. Madu

Madu beku beberapa waktu lalu menjadi tren di TikTok. Anda juga dapat melakukannya sendiri. Caranya Tuang madu cair ke dalam botol plastik dan bekukan. Saat Anda memeras botolnya, deguk madu beku akan keluar, memungkinkan Anda memakannya seperti permen. Namun, jangan memakannya sekaligus, seperti yang diperingatkan oleh ahli gizi, itu bisa membuat Anda mual.
 
8. Selada

Secara umum, membekukan selada bukanlah ide yang bagus kecuali Anda benar-benar menyukai selada cair. Namun, beberapa resep salad meminta irisan gunung es untuk didinginkan di dalam freezer selama antara 30 menit dan dua jam.
 
9. Marshmallow

Marshmallow memiliki kadar air yang rendah dan tidak akan membeku namun menjadi lebih kenyal dan empuk – dan rasanya cukup fantastis.
 
10. Susu

Membekukan susu bukanlah hal yang aneh.  Anda hanya memasukkan botol plastik ke dalam freezer dan selesai.
 
11.   Jamur

Kandungan air yang tinggi dapat membuat jamur beku menjadi sangat licin saat dicairkan. Anda dapat menguranginya dengan mengiris dan mengukusnya selama beberapa menit, sebelum dikeringkan dan dimasukkan ke dalam kantong freezer. Setelah dibekukan, mereka akan awet selama tiga bulan.
 
12.   Kacang-kacangan

Yang satu ini mudah. Masukkan beberapa kacang ke dalam tas, bekukan. Bawa mereka keluar kapan pun Anda mau. Ini akan menghentikan mereka menjadi tengik, yang terjadi karena kandungan minyaknya yang tinggi.
 
13.   Sandwich

Selama isiannya tidak terlalu basah dan tidak terlalu banyak mengandung mayones, Anda bisa membekukan sandwich. Buat sandwich Anda dan masukkan ke dalam kantong freezer. Mereka baik-baik saja untuk dimakan ketika dicairkan, tetapi sangat baik jika Anda mengubahnya menjadi roti panggang.
 
14.   Bayam

Daripada membekukan bayam mentah, Anda bisa memasaknya sampai menjadi bubur, bekukan dalam cetakan es batu dan Anda memiliki sedikit pelet vitamin hijau untuk ditambahkan ke piring Anda.
 
15.   Wine

Masukkan wine ke dalam cetakan es batu untuk persediaan instan yang bisa Anda nikmati kapanpun Anda mau.

Sumber : Bisnis.com