Makanan Ini Ternyata Bisa Mencegah Keriput di Masa Muda

Almond memiliki kemampuan untuk mencegah keriput - Istimewa
30 Agustus 2021 21:07 WIB Rika Anggraeni Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Seiring bertambahnya usia, munculnya kerutan di kulit dan peningkatan hiperpigmentasi adalah masalah kulit yang umum.

Studi terbaru mengungkapkan bahwa mengonsumsi almond setiap hari dapat membantu mengurangi kerutan dan tanda-tanda penuaan lainnya bagi wanita pascamenopause.

Camilan sehat satu ini dapat membantu mengurangi kerutan dan warna kulit yang tidak merata pada beberapa orang. Dilansir dari EatingWell, Senin (30/8/2021), inilah yang perlu Anda ketahui tentang almond.

Selain kaya akan vitamin E, almond juga dapat membantu Anda melindungi sel, termasuk sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

“Ini tidak hanya meningkatkan penampilan kulit seiring bertambahnya usia dengan mengurangi kerutan dan pigmentasi malam hari, tetapi juga membantu mengurangi kerusakan yang dapat menyebabkan kanker kulit,” kata asisten editor nutrisi EatingWell, Jessica Ball.

Studi yang dirilis dalam jurnal Nutrients, dari para peneliti di University of California, Davis melihat efek konsumsi almond pada kerutan dan intensitas pigmen serta parameter biofisik wajah seperti produksi sebum, hidrasi kulit, dan kehilangan air pada wanita pascamenopause yang memiliki kulit Fitzpatrick tipe I atau II.

BACA JUGA: Bisa Dialami tanpa Sadar, Ini 6 Jenis Depresi dan Gejalanya

Satu catatan penting dalam studi ini terbatas pada mereka yang memiliki kulit Fitzpatrick tipe I atau II. Hal ini karena jenis kulit tersebut biasanya adalah kulit yang paling ringan dan paling mungkin untuk terbakar.

Para peneliti melakukan penelitian terkontrol secara acak selama 24 minggu. Kemudian para peserta penelitian dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok makan almond sebagai camilan. Sementara kelompok lain mengemil granola bar.

Para peneliti menentukan bahwa peserta yang mengemil almond mengalami pengurangan keparahan kerutan hingga 16 persen selama 24 minggu. Studi tersebut juga mengungkapkan bahwa intensitas pigmentasi wajah atau ketidakrataan warna kulit berkurang 20 persen pada 16 minggu.

"Penelitian ini dilakukan pada sekelompok kecil orang dengan demografi yang sama, yakni semua wanita pascamenopause dengan kulit putih yang mudah terbakar,” kata Ball.

Sementara Ball mengakui bahwa hasil ini tidak berlaku untuk seluruh populasi, vitamin E masih merupakan nutrisi penting yang membantu tubuh Anda berfungsi dengan baik.

Bukan hanya itu, vitamin E dapat membantu kekebalan, meningkatkan kesehatan mata, meningkatkan kesehatan jantung dan masih banyak lagi.

“Almond dikemas dengan serat dan lemak sehat, menjadikannya pilihan yang bagus untuk camilan sehat dan tambahan makanan,” pungkasnya.

Sumber : Bisnis.com