Ini Cara Menurunkan Kolesterol

Gejala kolesterol - Istimewa
01 September 2021 06:57 WIB Dinda Aulia Ramadhanty Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Kolesterol adalah lemak berbentuk lilin yang diproduksi hati yang bisa membahayakan tubuh jika berlebihan.

Kolesterol jahat yang teroksidasi bisa menempel di dinding arteri dan membentuk plak, yang kemudian menyumbat pembuluh darah. 

Melansir dari Healthline, Selasa (31/8/2021) berikut cara-cara untuk menurunkan kadar kolesterol dengan diet dan juga dapat membantu meminimalir risiko penyakit jantung.

  1. Mengonsumsi makanan berserat dan larut  

Makanan berserat bisa ditemukan di kacang-kacangan, biji-bijian, apel, dan jeruk. Konsumsi makanan berserat secara teratur akan menurunkan kolesterol hingga 5-10 persen dan kolesterol jahat yang buruk dalam kurun waktu 4 minggu.

  1. Banyak makan buah dan sayuran

Studi menunjukkan bahwa orang dewasa bisa mengonsumsi empat porsi buah dan sayuran setiap hari akan mengurangi kadar kolesterol jahat hingga 6 persen.

Buah dan sayuran mengandung banyak antioksidan, yang berfungsi untuk mencegah kolesterol jahat teroksidasi dan membentuk plak pada arteri. 

  1. Masak menggunakan bumbu dan rempah-rempah

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bawang putih, kunyit, dan jahe efektif mengurangi kadar kolesterol jika dikonsumsi secara rutin. 

Meskipun bumbu masakan dan rempah-rempah tidak secara fisik dimakan dalam jumlah yang besar, mereka tetap dapat membantu secara signifikan terhadap jumlah total antioksidan yang dikonsumsi setiap harinya.

Sumber : bisnis.com