Ini 12 Gejala Diabetes Tipe 1 saat Usia Muda

Diabetes adalah penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah. Gula darah sangat vital bagi kesehatan karena merupakan sumber energi yang penting bagi sel-sel dan jaringan. - Klikdokter/Shuttlecock
02 September 2021 20:27 WIB Rika Anggraeni Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Diabetes atau dikenal sebagai diabetes mellitus merupakan kondisi yang terjadi ketika glukosa darah terlalu tinggi. Kondisi ini mengganggu kemampuan tubuh untuk memproses glukosa darah.

Terdapat dua jenis diabetes mellitus, yaitu tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 adalah suatu kondisi di mana sistem kekebalan tubuh Anda menghancurkan sel-sel pembuat insulin di pankreas. Sedangkan diabetes tipe 2, tubuh Anda tidak merespon insulin sebagaimana mestinya.

Diabetes dapat mempengaruhi siapa saja dan berisiko lebih tinggi terkena jika Anda memiliki orang tua atau saudara kandung dengan diabetes tipe 1. Bukan hanya itu, diabetes tipe 1 juga bisa menyerang usia yang lebih muda dari 20 tahun.

Baca juga: Ini Bahaya Duduk Terlalu Lama terhadap Punggung, Tulang Belakang, & Leher

Seringkali gejala atau tanda dari diabetes tipe 1 tidak terlihat saat usia muda, tetapi bisa menjadi parah seiring berjalannya waktu. Dilansir dari WebMD, Kamis (2/9/2021), berikut ini gejala diabetes tipe 1 yang patut Anda waspadai:

  1. Rasa haus yang ekstrim
  2. Meningkatnya rasa lapar (terutama setelah makan)
  3. Mulut kering
  4. Sakit perut dan muntah
  5. Sering buang air kecil
  6. Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, meskipun Anda sedang makan dan merasa lapar
  7. Kelelahan
  8. Penglihatan kabur
  9. Pernapasan yang berat dan sulit (dokter Anda mungkin menyebutnya pernapasan Kussmaul)
  10. Infeksi yang sering terjadi pada kulit, saluran kemih, atau vagina
  11. Keengganan atau perubahan suasana hati
  12. Mengompol pada anak yang sudah kering di malam hari

Selain 12 gejala di atas, ada pula tanda-tanda darurat diabetes tipe 1 di antaranya seperti tubuh gemetar dan kebingungan, pernapasan cepat, sakit perut, dan kehilangan kesadaran meskipun jarang.

Sumber : bisnis.com