Turunkan Darah Tinggi dengan 10 Makanan Ini

Ilustrasi hipertensi - istimewa
03 September 2021 08:27 WIB Ithamar Yaomi DC Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Hipertensi atau tekanan darah tinggi tidak boleh dibiarkan. Kondisi kesehatan serius ini dapat mengakibatkan komplikasi yang tidak dapat diperbaiki dan terkadang bahkan kematian.

Dalam kondisi ini pembuluh darah terus-menerus menaikkan tekanan. Dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, otak, ginjal dan penyakit lainnya. Ini biasanya terjadi pada perokok, orang tua, orang yang kelebihan berat badan atau tidak aktif, pecandu alkohol atau orang dengan diet berlemak.

Faktor umum yang dapat menyebabkan hipertensi adalah gaya hidup yang buruk, riwayat keluarga dan pilihan diet. Dimungkinkan untuk mengontrol tekanan darah secara efisien dengan makan dengan penuh perhatian, berolahraga secara teratur dan menjalani gaya hidup sehat. Diet kaya potasium, magnesium, serat dan rendah sodium dapat membantu mengontrol tekanan darah.
Berikut daftar makanan super yang membantu menjaga tekanan darah tetap terkendali.

1. Pisang

Salah satu penyebab paling umum dari tekanan darah tinggi adalah natrium. Kandungan potasium tinggi yang ditemukan dalam pisang membantu melawan efek buruk natrium.

Demikian pula, makanan lain yang kaya potasium berkontribusi pada kesehatan jantung yang baik dan mengurangi risiko penyakit jantung. Mengkonsumsi satu sampai dua pisang sehari memberi tubuh kalium yang dibutuhkan.

2. Blueberry

Permata kecil ini kaya akan antioksidan dan mengandung flavonoid yang disebut anthocyanin yang sangat baik dalam mencegah tekanan darah tinggi. Blueberry dapat ditambahkan ke sereal pagi atau dapat dikonsumsi sebagai bagian dari smoothie atau milkshake, tergantung selera seseorang.

3. Sayuran hijau

Makanan super berdaun hijau seperti bayam, kubis, selada, kaya akan potasium, magnesium dan penuh dengan antioksidan. Hal tersebut berkontribusi untuk menjaga tingkat tekanan darah. Sayuran hijau dapat dengan mudah dinikmati dalam salad atau sandwich, atau dalam bentuk hidangan.

4. Bawang putih

Makanan pokok di dapur, bawang putih adalah makanan antibiotik dan antijamur alami. Bawang putih mampu meningkatkan produksi oksida nitrat tubuh, yang membantu otot polos untuk rileks dan pembuluh darah melebar. Perubahan ini dapat menurunkan hipertensi.

5. Tomat

Tomat mengandung antioksidan yang disebut Lycopene yang membantu memerangi tekanan darah tinggi. Tomat juga memiliki karotenoid yang menurunkan risiko penyakit jantung. Tomat dapat dinikmati dengan cara dikonsumsi sebagai bagian dari salad, sebagai sup atau sebagai jus.

6. Cokelat hitam

Seseorang tidak perlu melepaskan cokelat untuk mengontrol tekanan darah mereka. Kakao dalam cokelat melebarkan pembuluh darah, sehingga mengurangi tekanan darah. Tetapi, harus dipastikan bahwa Anda tidak mengkonsumsi terlalu banyak, untuk menghindari penambahan berat badan.

cara menurunkan hipertensi darah tinggi

7. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung polifenol yang memiliki senyawa pelawan peradangan yang membantu mengendalikan tekanan darah. Minyak zaitun dapat ditaburkan di atas salad dan pasta untuk menuai manfaatnya. Dan pastikan Anda tidak memanaskan minyak zaitun, karena hal ini menyebabkan kehilangan sifat penyembuhannya.

8. Ikan dengan Omega-3

Ikan berlemak seperti makarel dan salmon kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, dan menurunkan trigliserida. Ini mencegah timbulnya hipertensi.

9. Pistachio

Mereka adalah camilan berprotein tinggi dan berserat tinggi yang akan membuat Anda kenyang dan membantu mengendalikan tekanan darah

10. Biji rami

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa biji rami adalah makanan super yang kuat dalam mengurangi hipertensi. Mereka mengandung asam lemak omega-3 esensial dan asam -linolenat, yang membantu mengurangi tekanan darah.

Tekanan darah tinggi tidak menunjukkan gejala yang jelas dan bisa tidak terdeteksi sampai terlambat. Penting untuk mengunjungi dokter untuk pemeriksaan kesehatan secara teratur, dan bahkan lebih baik untuk mulai mengontrol pola makan pada usia yang lebih muda sehingga komplikasi tersebut tidak berkembang.

Diet sehat adalah pertahanan yang efektif untuk mencegah tekanan darah tinggi. Makanan yang disebutkan di atas tidak hanya membantu mengontrol tekanan darah tetapi juga membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membersihkan racun dari tubuh. Dengan perawatan dan pencegahan yang cukup, hipertensi dapat dengan mudah dihindari.

Sumber : Bisnis.com