Ini 3 Cara Alami Turunkan Kadar Kolesterol

Ilustrasi - Istimewa
03 September 2021 13:07 WIB Ni Luh Anggela Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Kolesterol tinggi dapat memicu penyakit jantung, serangan jantung atau stroke. Kondisi ini dapat mengancam jiwa Anda. Biasanya, kolesterol tinggi tidak menunjukkan gejala yang jelas, kecuali jika levelnya sangat tinggi.

Oleh karena itu, cek darah secara rutin diperlukan untuk mengantisipasi berbagai penyakit sejak dini. Beberapa orang mungkin diminta oleh dokter untuk tidak makan hingga 12 jam sebelum melakukan tes darah.
 
Dalam sebagian besar kasus, pasien disadarkan akan kadar kolesterol “total” mereka. Kolesterol total memperhitungkan jumlah kolesterol “jahat” dan “baik” dalam darah Anda. Hasil yang sehat harus menunjukkan tingkat total  kolesterol lima atau di bawahnya. Jika tidak, inilah saatnya untuk melakukan beberapa perubahan gaya hidup untuk membantu menurunkan kadar kolesterol Anda.
 
Untuk menurunkan kadar kolesterol Anda dengan cepat, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan tanpa menggunakan statin, melansir Express, Kamis (3/9/2021).
 
1.  Tertawa

“Untuk menurunkan kolesterol dengan cepat, Anda dapat membawa lebih banyak tawa ke dalam hidup Anda,” kata Dr Suzanne Steinbaum, seorang ahli jantung. Dia menambahkan, tertawa itu seperti obat, membantu meningkatkan kolesterol high-density lipoprotein (kolesterol baik).
 
Kolesterol baik membantu mengambil kolesterol jahat dalam aliran darah dan mengangkutnya ke hati di mana dia dapat dipecah. Ini bisa sesederhana memutar film lucu, melihat video konyol online, atau tertawa bersama orang yang dicintai.
 
2. Olahraga

Cara lain yang berguna untuk membantu menurunkan kadar kolesterol Anda dengan cepat adalah dengan bergerak. Dr Sarah Samaan, dokter lain yang berspesialisasi dalam kardiologi, mengatakan bahwa olahraga dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik) dan meningkatkan LDL (kolesterol jahat).
 
Semakin banyak olahraga yang Anda lakukan setiap hari, semakin cepat kadar kolesterol Anda turun, sehingga meningkatkan kesehatan Anda. NHS merekomendasikan agar semua orang melakukan setidaknya 150 menit latihan mingguan. Beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan seperti, jalan cepat, berenang, bersepeda, joging, dan menari.
 
3. Menambahkan rempah-rempah ke dalam makanan Anda

Tips lainnya adalah menambahkan bumbu ke makanan Anda, terutama lada hitam, ketumbar, dan jahe. Rempah-rempah lain yang direkomendasikan oleh WebMD untuk membantu menurunkan kadar kolesterol Anda meliputi, bawang putih, jahe dan kayu manis.
 
Penelitian menunjukkan bahwa makan setengah hingga satu siung bawang putih setiap hari dapat menurunkan kolesterol hingga sembilan persen.
 
Dr Steinbaum menambahkan bahwa bumbu tambahan yang ditambahkan ke makanan Anda adalah cara yang bagus untuk membantu mengurangi nafsu makan Anda. Dengan tidak makan banyak, dan bergerak lebih banyak, tidak dapat dihindari bahwa beberapa kilogram akan berkurang, yang merupakan berita bagus untuk kesehatan Anda.

Sumber : JIBI/Bisnis.com