7 Makanan Sehat Ini Kaya Flavonoid, Ampuh Cegah Darah Tinggi

Buah Apel. - Bisnis.com/Janlika
06 September 2021 10:17 WIB Ni Luh Anggela Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Flavonoid adalah kelompok senyawa bioaktif yang banyak ditemukan pada sayur-sayuran dan buah-buahan. Dikenal memiliki sifat anti-oksidatif, anti-inflamasi, anti-mutagenik dan anti-karsinogenik, flavonoid dikatakan sangat baik untuk kesehatan.
 
Karena masalah jantung dan tekanan darah meningkat setiap hari, penting untuk memasukkan makanan dengan flavonoid ke dalam makanan kita sehari-hari. Makanan kaya flavonoid diketahui dapat mengurangi masalah dan berkontribusi pada kesehatan jantung yang berkembang.
 
Sebuah laporan diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition yang menyatakan bahwa anthocyanin dan beberapa senyawa flavon dan flavan-3-ol dapat berkontribusi pada pencegahan hipertensi.
 
Melansir Food NDTV, Senin (6/9/2021), berikut tujuh makanan kaya flavonoid yang dapat menjaga tekanan darah Anda.
 
1. Teh

Hampir semua jenis teh mengandung flavonoid polifenol yang dapat berkontribusi pada kesehatan kardiovaskular tubuh. Selain itu, teh juga dikenal memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga mampu mengurangi peradangan dan membantu tubuh melawan kanker.
 
2. Apel

Buah favorit ini mengandung tiga subkelas flavonoid yang berbeda: flavonol, flavon, dan flavanol. Mereka kaya akan zat alami dan dapat membantu dalam pengaturan tekanan darah dan mencegah serangan jantung.
 
3. Jeruk

Jeruk dikenal kaya akan vitamin C dan zat antioksidan. Seratus gram jeruk mengandung sekitar 19,6mg aglikon flavonoid.  Dengan minum jus jeruk segar setiap hari, ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda.
 
4. Stroberi

Selain memanjakan lidah, buah ini juga merupakan sumber yang kaya dari beberapa jenis flavonoid: anthocyanin, catechin, quercetin dan kaempferol. Mereka membantu sebagai antioksidan dan dapat mengatur tekanan darah.
 
5. Kale

Salah satu sayuran yang berasal dari keluarga kubis ini adalah berkah tersembunyi. Sayuran ini diketahui mengandung lebih banyak flavonoid daripada sayuran lain dan memiliki efek yang sehat pada tubuh.
 
6. Bawang

Mereka juga merupakan sumber yang kaya akan flavonoid, terutama anthocyanin, dan flavonol seperti quercetin. Mereka menambah rasa pada makanan dan juga dapat menjaga tekanan darah tetap terkendali.
 
7. Kubis Merah

Dengan kandungan cyaniding, phenolic, dan flavonoids sebagai nutrisi utama, kubis merah berperan sebagai antioksidan bagi tubuh.  Anda disarankan untuk memasukkan kubis merah dalam makanan sehari-hari agar dapat merasakan manfaatnya.

Sumber : Bisnis.com