Cara Sederhana Ini Bantu Otak Tetap Sehat

Otak - boldsky.com
08 September 2021 19:37 WIB Ni Luh Anggela Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Semua orang akan menua dan otak Anda akan berubah seiring bertambahnya usia. Wajar jika otak Anda berubah dan mulai kehilangan ketajamannya. Tetapi, Anda tidak harus menyerah begitu saja pada keadaan.
 
Otak, bersama dengan saraf tulang belakang berperan sebagai pusat kendali tubuh dan menyusun sistem saraf pusat. Oleh karena itu, penting untuk menjaga otak Anda agar tetap sehat dan tajam. Juga, ini akan membantu mengurangi risiko penyakit terkait otak seiring bertambahnya usia. Sederhananya, kesehatan otak adalah tentang membuat perubahan kecil dalam kehidupan sehari-hari Anda.
 
Melansir Fitwirr, Rabu (8/9/2021), berikut lima cara sederhana untuk membantu meningkatkan kesehatan otak Anda dan menjaga pikiran Anda tetap tajam.
 
1. Makan diet kaya asam lemak omega-3

Diet sehat tidak hanya untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan saja. Makanan yang Anda makan berdasarkan diet Anda, faktanya dapat berdampak besar pada kesehatan otak Anda. Itu dapat meningkatkan segalanya, mulai dari konsentrasi, memori, hingga kemampuan belajar.
 
Ikan berlemak dikenal karena manfaatnya pada kekuatan otak. Minyak ikan yang dikenal sebagai asam lemak omega-3 membangun sel-sel otak dan saraf, yang penting untuk kognisi. Mereka juga memperlambat penurunan mental terkait penuaan dan membantu mencegah kehilangan memori. Ini tidak mengejutkan karena lemak membentuk sekitar 60 persen dari otak Anda. Setengahnya adalah asam lemak omega-3.
 
Sama seperti omega-3 yang membawa manfaat, kekurangan omega-3 dapat menyebabkan dampak negatif. Menurut penelitian, kekurangan omega-3 dapat menyebabkan gangguan belajar dan depresi.
 
Secara keseluruhan,asam lemak omega-3 sangat penting untuk menjaga otak Anda tetap tajam. Untuk mendapatkan minyak ikan khusus ini, tambahkan lemak seperti salmon dan tuna ke dalam makanan Anda dua kali seminggu.
 
2. Latih otak Anda

Seiring bertambahnya usia, Anda tidak hanya kehilangan otot Anda. Otak Anda juga bisa mengalami atrofi jika Anda tidak melatih pikiran Anda.
 
Kemampuan otak Anda untuk melawan kerusakan neurologis menurun seiring bertambahnya usia. Hal ini membuat tugas mental yang sederhana menjadi menantang untuk dilakukan.
 
Untungnya, Anda  bisa melatih otak Anda dan memperkuat kemampuannya sama seperti Anda melatih tubuh Anda. Dengan melakukan beberapa latihan otak yang ditargetkan secara teratur, Anda dapat meningkatkan cadangan kognitif.
 
Latihan seperti menyikat gigi dengan tangan yang berlawanan dapat merangsang otak. Mempraktikkan pembelajaran aktif juga bisa menjadi latihan yang ditargetkan. Mengambil bahasa baru dan memperluas kosa kata hanyalah beberapa contoh.
 
Tetapi tugas itu tidak harus menakutkan atau berat. Ini bisa sesederhana permainan. Teka-teki kata seperti Sudoku, scrabble, dan teka-teki silang sama efektifnya. Atau permainan kartu populer seperti blackjack dan poker juga dapat melatih otak Anda.
 
Poker terutama membutuhkan fokus dan pemikiran mendalam. Ini adalah salah satu permainan yang paling sulit untuk dikuasai, dan manfaat penguasaannya sangat fenomenal. Bahkan, manfaat ini dikutip dalam sebuah penelitian di Perancis tahun 2009.
 
Mereka menemukan bermain poker secara drastis mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan otak hingga 50 persen. Peneliti Alzheimer terkemuka Dr. Jeffrey Cummings setuju dengan hasil penelitian tersebut. Ini membuat poker sejauh ini menjadi genre game terbaik untuk mengambil bagian dalam menjaga kesehatan otak.
 
3. Batasi alkohol Anda

Minum alkohol berlebihan merupakan faktor risiko utama demensia. Satu studi dari 2018 menunjukkan minum berat terus-menerus dapat menyebabkan volume otak menyusut.
 
Mereka menemukan otak mereka yang minum lebih dari 14 minuman seminggu selama 2 dekade lebih kecil 1,6 persen. Dan konsekuensinya tidak hanya itu. Bagi pria, minum banyak juga dapat mendorong kehilangan memori jauh lebih awal dalam hidup, menurut studi yang dikutip Neurology. Ini ditunjukkan pada pria yang minum 2,5 gelas atau lebih dalam sehari.
 
Sama seperti gula yang memiliki sifat adiktif, Anda dapat membangun tingkat toleransi terhadap alkohol. Semakin banyak Anda minum, semakin banyak rasa penghargaan Anda dengan sedikit minuman hilang. Tak lama kemudian, Anda membutuhkan lebih banyak minuman keras untuk mendapatkan efek yang sama.
 
Ini karena alkohol menyebabkan otak kehilangan sebagian dari fungsi normalnya. Ini merusak dan membunuh sel-sel otak yang mungkin tidak tumbuh kembali.
 
Untuk menjaga otak dan pikiran Anda tetap segar dan tajam, batasi minum Anda sampai tingkat sedang  yakni dua gelas sehari.
 
4. Latih tubuh Anda

Sama seperti latihan stimulasi otak dapat meningkatkan kesehatan otak Anda, olahraga juga bisa meningkatkan kesehatan otak.
 
Olahraga adalah aktivitas apapun yang membuat tubuh Anda bergerak dan detak jantung Anda meningkat.Ini termasuk berlari, latihan ketahanan, berenang, lompat tali, berjalan dan sebagainya.
 
Penelitian juga menunjukkan olahraga yang berbeda memiliki efek yang berbeda pada otak.
 
Latihan aerobik yang dikenal sebagai cardio sangat membantu dalam meningkatkan fungsi kognitif. Sementara itu, pelatihan resistensi dapat meningkatkan memori dan fungsi eksekutif.
 
Secara umum, para peneliti merekomendasikan 45 menit hingga satu jam latihan intensitas sedang.
 
Penelitian menunjukkan olahraga meningkatkan aliran darah ke otak.Aliran darah yang meningkat ini sangat penting untuk kesehatan otak. Ini karena aliran darah membawa nutrisi dan oksigen yang sangat dibutuhkan ke otak.
 
Untuk meningkatkan fungsi otak dan mencegah hilangnya ingatan, mulailah berolahraga setiap hari.
 
5. Tidur yang cukup

Salah satu aspek terpenting untuk meningkatkan kesehatan otak adalah tidur. Saat Anda tidur, itu memberi otak Anda waktu untuk mengkonsolidasikan memori dan meregenerasi sel.
 
Tanpa tidur yang cukup, otak Anda akan menghabiskan sebagian besar hari dengan kelelahan.
 
Seperti kondisi fisik kita, otak yang stres, lelah, dan terlalu terstimulasi tidak dapat berfungsi dengan baik.
 
Sebuah penemuan baru-baru ini juga mengungkapkan bahwa otak menggunakan waktu tidur untuk melakukan detoks mini.
 
Selama tidur, otak berada dalam cairan yang mengalir di antara sel-sel dan bekerja untuk membuang limbah. Ini membersihkan penumpukan protein beracun ke hati untuk dibuang. Proses ini dikatakan membuat otak Anda lebih pintar, lebih sehat, dan lebih bersemangat saat terjaga.
 
Untuk mendapatkan tidur yang cukup, pastikan untuk mendapatkan 6-8 jam tidur berkualitas di malam hari.

Sumber : Bisnis.com