Perut Kosong, Jangan Pernah Kunyah Permen Karet dan Konsumsi Minuman Ini..

Jus jeruk
09 September 2021 13:07 WIB Mia Chitra Dinisari Lifestyle Share :

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika bangun tidur, apa yang biasanya Anda lakukan? Minum kopi?

Jika jawabannya iya, maka berhati-hatilah. Karena ternyata ada beberapa makanan dan minuman yang tidak baik dikonsumsi ketika perut Anda kosong.

Dampaknya, bisa memengaruhi kesehatan Anda.

Peneliti kesehatan asal India dr Soni Kristi membagikan beberapa hal yang harus dihindari untuk dikonsumsi saat perut kosong.

“Segala sesuatu yang kita lakukan memengaruhi tubuh kita dengan cara tertentu. Namun, kesehatan kita paling rentan saat perut kosong. Tubuh kita membutuhkan makanan yang dapat diubah menjadi energi dan nutrisi dalam hitungan detik dan itulah mengapa menjadi lapar, ”katanya dilansir dari Indian Express.

1. Kopi

Kopi, bahkan tanpa kafein, cenderung membuat asam lambung naik dan dapat menyebabkan mulas atau masalah pencernaan lainnya jika dikonsumsi saat perut kosong. Jika Anda memiliki kebiasaan melewatkan sarapan pagi dan minum kopi sebagai gantinya, itu dapat mengakibatkan penurunan produksi serotonin dan membuat mood Anda turun sepanjang hari.

2. Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet menghasilkan asam pencernaan yang dapat merusak lapisan halus perut Anda. Jika Anda konsumsi terlalu banyak permen karet, maka dapat menyebabkan gastritis.

Baca juga: Ari Lasso Ternyata Mengidap Kanker Langka

3. Alkohol

Saat Anda lapar, tubuh cenderung menyerap apa pun yang Anda konsumsi lebih cepat. Akibatnya, ketika Anda minum alkohol, penyerapannya akan meningkat dan terjadi dua kali lebih cepat. Bahkan proses pembuangan alkohol dalam tubuh akan melambat dan akan menyebabkan hangover yang mengerikan serta meningkatkan efek alkohol pada jantung, ginjal, dan hati Anda.

4. Jus jeruk dan buah jeruk

Makanan yang mengandung jeruk memiliki serat keras dan basa asam yang dapat menyebabkan iritasi pada perut Anda. Ini dapat menyebabkan gastritis atau membuat Anda rentan terhadapnya.

Dia bahkan menyebutkan bahwa seseorang harus menghindari berolahraga dengan perut kosong.

“Umumnya, olahraga atau latihan saat perut kosong dianggap bisa membakar banyak kalori. Namun, penelitian menunjukkan bahwa kehilangan lemak tidak terjadi dengan cara itu, ”katanya.

Sumber : bisnis.com