Advertisement

Bikin Emosi Lebih Tenang, Ini Manfaat Tidur Bagi Otak

Rika Anggraeni
Kamis, 09 September 2021 - 22:27 WIB
Bhekti Suryani
Bikin Emosi Lebih Tenang, Ini Manfaat Tidur Bagi Otak Ilustrasi - Viiva

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Dengan memiliki kualitas tidur yang lebih baik, tampaknya dapat berefek pada perlindungan kesehatan, mulai dari masalah jantung, depresi hingga penyakit Alzheimer.

Dalam beberapa dekade terakhir, penelitian menunjukkan bahwa tidur berperan dalam meningkatkan regulasi emosi. Sedangkan, apabila seseorang merasa memiliki kualitas tidur yang kurang maka bisa membuat keadaan emosi menjadi negatif.

Advertisement

Para peneliti juga menunjukkan bahwa tidur tampaknya memberi banyak manfaat dalam jangka waktu yang jauh lebih singkat.

Dilansir dari Psychology Today, Kamis (9/9/2021), berikut adalah 4 manfaat tidur yang bukan hanya dapat meningkatkan fungsi otak.

  1. Emosi lebih tenang

Dalam studi dari tahun 2020, peserta diperlihatkan gambar setelah 5 malam pembatasan tidur atau 5 malam tidur nyenyak. Dibandingkan ketika mereka tidur nyenyak, orang yang kurang tidur menganggap gambar positif dan netral lebih negatif.

Sementara dalam pemindaian pencitraan otak, kurang tidur telah dikaitkan dengan perubahan amigdala, pusat otak utama dalam pemrosesan emosional.

  1. Peningkatan fokus

Para peneliti telah memeriksa hubungan antara tidur dan kemampuan untuk mempertahankan perhatian terhadap detail. Hasilnya, mereka menemukan bahwa kurang tidur dapat mengganggu perhatian yang berkelanjutan.

Yang terpenting, ketidakmampuan untuk mempertahankan fokus ini juga dapat mempersulit seseorang untuk merespons perubahan di lingkungan. Ini dapat berimbas pada segala hal, mulai dari kinerja yang lebih buruk di tempat kerja hingga risiko kecelakaan mobil yang lebih tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement