Saran Ahli Diet, Ini Makanan Terbaik untuk Dimakan Sebelum Tidur

Telur - Istimewa
12 September 2021 23:47 WIB Mia Chitra Dinisari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Kebanyakan orang awam menganggap untuk makan sebelum tidur akan menyebabkan penambahan berat badan.

Tetapi, ternyata ada makanan tertentu sebelum tidur sebenarnya dapat memberikan beberapa manfaat.

Jika Anda mencari camilan setelah makan malam sebelum makan malam, protein adalah pilihan terbaik Anda. 

Dari sumber nabati hingga hewani, dan tekstur keras hingga cair, inilah alasan mengapa protein adalah makanan terbaik untuk dimakan sebelum tidur seperti dilansir dari Eat This :

1. Protein membantu memulihkan dan membangun massa otot.

Salah satu manfaat mengkonsumsi protein sebelum tidur adalah perannya dalam perbaikan jaringan. Tubuh Anda terus-menerus menggunakan protein yang Anda konsumsi sepanjang hari untuk memperbaiki, membangun kembali, dan membuat jaringan di dalam tubuh Anda. Namun, ketika Anda berpuasa semalaman, ada lebih sedikit "bahan pembangun" protein untuk fungsi-fungsi ini.

Mengkonsumsi protein sebelum tidur memberikan dosis asam amino, bahan penyusun protein, yang akan digunakan untuk pemeliharaan jaringan semalaman. Memiliki protein malam ekstra ini sangat membantu bagi seseorang yang mencoba membangun jaringan otot atau menambah berat badan.

Selain itu, saat Anda tidur, tubuh Anda secara alami meningkatkan produksi hormon pertumbuhan, membantu perbaikan jaringan. Memiliki asam amino dari protein yang tersedia memungkinkan Anda memanfaatkan lonjakan alami dalam hormon pertumbuhan ini.

2. Protein membantu meningkatkan metabolisme Anda (sementara).

Salah satu manfaat lain dari mengonsumsi protein sebelum tidur adalah memiliki efek termal yang tinggi.

Ini mengacu pada peningkatan alami pembakaran kalori yang terjadi setelah makan untuk memperhitungkan energi yang dibutuhkan untuk mencerna, memetabolisme, dan menyerap makanan.

Sementara semua makronutrien, karbohidrat, lemak, dan protein, memberikan sejumlah efek termal, protein memberikan jumlah tertinggi. Artinya, setelah makan makanan kaya protein, Anda akan membakar lebih banyak kalori daripada jika Anda mengonsumsi makanan berbasis karbohidrat atau lemak dalam jumlah yang setara.

Dalam upaya memaksimalkan kalori yang Anda konsumsi sebelum tidur, protein memberikan manfaat lebih dari mengonsumsi karbohidrat atau lemak.

3. Protein dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

Sumber protein tertentu, seperti kalkun, ikan berlemak, dan kacang-kacangan tertentu bahkan dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Misalnya, kalkun dan almond mengandung asam amino yang disebut triptofan. Nutrisi ini membantu dalam produksi melatonin yang dapat meningkatkan kelelahan dan membantu kualitas tidur secara keseluruhan.

Ikan berlemak dan kenari adalah sumber protein lain yang dapat membantu tidur serta kedua makanan tersebut mengandung asam lemak omega-3. Bentuk lemak yang menyehatkan jantung ini telah terbukti meningkatkan produksi serotonin, hormon yang meningkatkan perasaan sejahtera dan juga dianggap membantu dalam tidur. Satu studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menemukan hubungan langsung antara mengonsumsi lemak tak jenuh ganda omega-3 sebelum tidur dan meningkatkan efisiensi tidur serta tertidur lebih cepat.

Terakhir, kenari secara alami mengandung melatonin, dan ketika dimakan, dapat meningkatkan konsentrasi darah dari hormon ini yang memainkan peran utama dalam siklus tidur-bangun Anda.

4. Sumber protein terbaik sebelum tidur.

Protein dapat ditemukan dalam berbagai macam makanan, jadi ada banyak pilihan untuk dipilih ketika mencoba memasukkan nutrisi ini sebelum tidur.

Daging tanpa lemak, unggas, ikan, telur, produk susu rendah lemak, dan produk kedelai adalah pilihan yang bagus saat mencari sumber protein terkonsentrasi. Anda dapat menikmati beberapa gigitan daging sisa dari makan malam, menikmati telur rebus, yogurt Yunani dengan kenari, segelas susu, atau membuat protein shake sebagai cara berbeda untuk menikmati protein malam hari.

Semua opsi ini dapat diterima, hanya perlu diingat bahwa Anda harus fokus pada protein dan menjaga karbohidrat dan lemak seminimal mungkin. Mengkonsumsi camilan padat di ketiga makronutrien kemungkinan akan padat kalori dan dapat berkontribusi pada kelebihan kalori dan penambahan berat badan.

Seperti yang Anda lihat, makan sebelum tidur memang memiliki manfaat saat mengonsumsi makanan yang benar. Tidak semua kalori diciptakan sama, dan penting untuk berhati-hati dengan pilihan makanan Anda sebelum berbaring.

Meskipun makan protein mungkin memiliki manfaatnya, pastikan untuk menjaga porsinya tetap masuk akal. Porsi kecil, ukuran camilan dan pilihan yang mudah dicerna, seperti cairan, adalah cara ideal untuk memasukkan protein sebelum tidur.

Sumber : Bisnis.com