Ini Tips Mencegah Mata Lelah Saat Bekerja

Ilustrasi perempuan mengalami sakit mata karena terlalu lama melihat laptop - Freepik.com
15 September 2021 19:17 WIB Annasa Rizki Kamalina Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Kondisi mata lelah banyak dikeluhkan selama masa pandemi Covid-19, mulai dari siswa hingga para pekerja. Simak 5 tips mencegah mata lelah berikut ini.

Meningkatnya bekerja dari rumah (work from home/WFH) dan sekolah dari rumah (school from home/SFH) menyebabkan jam kerja yang tidak menentu, begitu pula dengan waktu menatap layar.

Meningkatnya waktu menatap layar atau screen time berdampak buruk pada kesehatan mata. Menatap layar gawai dapat mengurangi kedipan mata dan membuat pupil mata kering serta iritasi.

Berfokus secara intens pada layar dalam waktu lama, mengemudi terlalu lama, pekerjaan mendetail dalam jangka waktu lama seperti menulis dan membaca dapat menyebabkan kelelahan mata. Fokus yang intens berarti tidak sering berkedip.

Gejala mata lelah dapat dikenali dengan sakit kepala, nyeri dan kaku leher ataupun sulit berkonsentrasi. Selain itu, mata berair, penglihatan yang kabur, mata terasa panas atau gatal, serta sensitif terhadap cahaya. Gejala tersebut menunjukkan bahwa mata perlu istirahat karena terlalu lama fokus.

Berikut 5 tips untuk mencegah mata lelah selama pandemi Covid-19 seperti dilansir dari Times of India:

1. Tingkatkan ukuran font di laptop dan ponsel. Silau dan pantulan dari layar dapat menambah ketegangan pada mata. Meningkatkan font mungkin membantu.
2. Jangan terlalu dekat menatap layar. Usahakan jarak layar dengan mata kurang lebih 60 cm.
3. Kurangi kecerahan layar dan jangan lupa untuk berkedip.
4. Ikuti aturan 20-20-20. Setiap 20 menit, lihatlah objek sejauh 20 kaki atau 6 meter setidaknya selama 20 detik. Hal ini akan memberi mata istirahat yang sangat dibutuhkan.
5. Saat mata merasa lelah, istirahatkan mata dengan berhenti melihat layar apa pun sampai mulai merasa lebih baik. Apabila semakin parah, lakukan pemeriksaan ke dokter.

Sumber : Bisnis.com