5 Cara Mengembalikan Siklus Tidur, Salah Satunya Larangan Tidur Siang

Ilustrasi tidur siang
17 September 2021 11:07 WIB Ithamar Yaomi DC Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA-Merasakan perubahan dalam kegiatan sehari-hari bisa mengganggu pola tidur. Bahkan, dering ponsel berbunyi bip di malam hari juga bisa mengganggu jam tidur.

Smartphone yang berbunyi di malam hari menjadi salah satu masalah paling umum yang dialami oleh sebagian dari kita, terutama kaum muda. Meskipun ada banyak alasan yang mendasari kurang tidur, yang paling umum adalah stres.

Stres tidak hanya memengaruhi kebiasaan makan dan tidur Anda, tetapi juga memengaruhi aktivitas Anda sehari-hari. Ada lima cara yang akan membantu menjauhkan stres dan membuat tidur nyenyak.

Namun, jika Anda sudah terlanjur menderita suatu penyakit atau stres dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter sedini mungkin. Simak lima  cara memperbaiki pola tidur:

1. Batasi waktu penggunaan gadget

Banyak dokter menyarankan agar seseorang berhenti menggunakan perangkat apa pun setidaknya setengah jam sebelum tidur. Ini akan membuat otak Anda rileks dan memberikan waktu untuk bersantai. Dengan cara ini Anda dapat dengan mudah tertidur tanpa harus khawatir seberapa pagi Anda harus bangun keesokan paginya.

2. Siapkan susunan jadwal

Ada alasan mengapa kita mengikuti jadwal di tempat kerja atau di sekolah. Tubuh kita bekerja dengan cara tertentu dan kita harus memahaminya. Jadwal yang tepat tidak hanya meningkatkan tingkat konsentrasi kita, tetapi juga produktivitas.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengatur waktu tidur. Sebagian besar dari kita memiliki kebiasaan tetap terjaga sampai tengah malam, atau bahkan lebih, dan tertidur kapan pun kita bisa. Hindari ini dengan cara apa pun, dan cobalah untuk tidur pada waktu yang tetap.

3. Hindari tidur siang

Tidur satu jam di siang hari sulit untuk tidak dilakukan. Namun, jika Anda kesulitan tidur di malam hari, disarankan agar Anda menghindari tidur di siang hari, atau setidaknya mengurangi waktu tidur. Jangan lakukan ini jika Anda merasa lelah sepanjang hari atau tidak dapat fokus pada pekerjaan Anda dan berkonsultasilah dengan dokter.

4. Membaca dapat membantu

Jika buku adalah teman terbaik Anda, cobalah membaca sebelum Anda tidur. Buku-buku yang berbicara tentang kepositifan dan motivasi akan menjadi bacaan yang bagus sebelum tidur. Ini akan memberi Anda optimisme, akan membuat Anda bahagia dan menghilangkan stres yang tidak perlu.

5. Latihan

Sungguh mengejutkan bagaimana olahraga menjadi jawaban atas banyak masalah kita saat ini. Tidak bisa fokus bekerja? Latihan. Berjuang dengan masalah kesehatan? Kamu tahu jawabannya.

Olahraga ditambah dengan persyaratan yang diperlukan dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan Anda. Sedangkan bagi orang yang bergumul dengan kurang tidur, disarankan untuk melakukan olahraga ringan. Ini akan membantu mengurangi stres dan sebagai imbalannya akan membuat siklus tidur Anda kembali ke jalurnya.

Sumber : bisnis.com