Rempah-rempah Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Kayu manis - kemendag.go.id
17 September 2021 19:37 WIB Rika Anggraeni Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Penambahan berat badan menjadi salah satu masalah kesehatan utama baik pria maupun wanita. Tak perlu khawatir, Anda bisa mengkombinasikan masakan dengan memasukkan rempah-rempah berikut untuk menurunkan berat badan.

Kita ketahui bahwa penambahan berat badan bisa menyebabkan banyak komplikasi yang berhubungan dengan kesehatan. Apalagi di masa Covid-19, menjaga kesehatan sudah menjadi keharusan bagi setiap individu.

Untuk menurunkan berat badan dengan cepat, banyak orang yang melakukan jalur yang salah dengan mencoba diet ketat. Langkah itu bukan pilihan yang sehat dan tepat. Ada cara lain untuk menurunkan berat badan Anda, yakni dengan cara memasukkan rempah-rempah ke dalam masakan.

Selain menambah rasa pada masakan, rempah-rempah juga bisa menurunkan berat badan. Dilansir dari india.com, Jumat (17/9/2021) berikut adalah 5 rempah-rempah yang bisa menurunkan berat badan:

  1. Kayu Manis

Kayu manis sangat membantu dalam menurunkan berat badan dengan cepat. Bahkan, para ahli mengatakan bahwa rempah satu ini dikemas dengan kaya akan antioksidan dan sifat anti-inflamasi.

Selain dijadikan sebagai bahan masakan, Anda juga bisa mencampurkan air mineral dengan satu sendok penuh bubuk kayu manis. Ini dapat meningkatkan tingkat metabolisme Anda sehingga membantu dalam kehilangan lemak dengan cepat.

Ketika menjadi resisten insulin, karbohidrat yang dimakan oleh individu diubah menjadi gula yang tidak dimetabolisme menjadi kuantum yang dibutuhkan dan kemudian diubah menjadi lemak. Kayu manis berperan dalam membantu memutus siklus ini.

manfaat kayu manis bagi kesehatan

  1. Fennel (Adas)

Rempah satu ini jarang diketahui orang. Fennel biasanya dapat digunakan untuk bahan masakan dan juga pengobatan herbal. Bukan hanya itu, fennel bekerja sebagai pil air alami untuk menekan rasa lapar.

Cara mengonsumsinya mudah, Anda hanya perlu menambahkan fennel ke cangkir teh Anda. Selain kaya akan vitamin seperti A, C dan D, teh fennel memiliki banyak sifat antioksidan yang akan membantu meningkatkan metabolisme. Dengan pencernaan yang lebih baik, maka secara otomatis dapat menurunkan berat badan.

manfaat Fennel Adas manis

  1. Fenugreek

Rempah yang berasal dari kawasan Timur Tengah dan Mediterania ini juga dapat membantu menekan nafsu makan karena memiliki kandungan serat alami. Inilah yang membuat Anda merasa kenyang dan menghentikan Anda dari makan berlebihan.

Para ahli percaya bahwa fenugreek dapat membantu Anda mengurangi lemak makanan dan asupan kalori. Selain itu, serat fenugreek juga telah terbukti membantu Anda menurunkan berat badan dengan meningkatkan rasa kenyang.

manfaat Fenugreek bagi kesehatan

  1. Kapulaga

Dengan meminum kapulaga yang dicampur air hangat di malam hari dapat membantu meningkatkan proses metabolisme Anda.

Kapulaga terdiri dari komponen penting seperti melatonin yang penting dalam meningkatkan laju metabolisme. Rempah satu ini adalah salah satu cara terbaik untuk memerangi obesitas morbid dan masalah terkait berat badan lainnya.

manfaat kapulaga

  1. Lada Hitam

Lada hitam juga bermanfaat untuk tubuh Anda. Jika Anda tidak dapat menurunkan berat badan, maka yang perlu Anda lakukan hanyalah menambahkan sejumput lada hitam ke dalam teh hijau Anda dan meminumnya dua hingga tiga kali sehari.

Selain dengan teh, Anda juga bisa mengunyah 3 hingga 4 lada hitam di pagi hari lalu minum segelas air hangat. Perlu diketahui bahwa lada hitam mengandung banyak fitonutrien yang berperan pada penghancuran lemak berlebih.

manfaat lada hitam

Sumber : Bisnis.com