5 Makanan Ini Membantu Mengurangi Lemak Perut

Pedagang menata telur di Pasar Benhil, Jakarta, Senin (13/4/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
17 September 2021 22:27 WIB Jessica Gabriela Soehandoko Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Lemak visceral adalah jenis lemak yang hidup di dalam rongga perut yang mengelilingi organ vital dan lebih mengkhawatirkan dibandingkan lemak yang mengelilingi paha, pinggul dan lengan kita.

Lemak visceral juga dapat menyulitkan organ untuk bekerja secara optimal. Sebagai salah satu contohnya, peningkatan lemak viseral di hati telah dikaitkan dengan glukosa, lipid, dan disfungsi endokrin.

Selain itu peningkatan lemak visceral dapat memengaruhi berbagai aspek, yakni dari kesehatan hormon dan kadar kolesterol.

Namun, makanan tertentu dapat secara langsung memengaruhi komposisi tubuh dan mungkin berperan dalam mengurangi jaringan lemak visceral.

Untuk itu, dilansir dari Eathis pada hari Kamis (16/9/21), berikut beberapa makanan yang dapat membantu mengurangi lemak visceral.

1. Ikan berlemak

Salmon, tuna, sarden, dan mackerel merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik. Varietas ikan tertentu ini kaya akan lemak, protein, dan Vitamin D yang menyehatkan jantung.

Ikan berlemak juga merupakan sumber protein makanan yang baik, yang meningkatkan laju metabolisme dan meningkatkan kadar hormon kenyang. Selain itu, omega-3 juga terbukti dalam meningkatkan sensitivitas insulin dan memerangi peradangan.

2. Minyak kelapa

Penelitian menunjukkan bahwa jenis lemak tertentu dalam minyak kelapa secara signifikan dapat mengurangi jumlah total lemak yang disimpan oleh tubuh, bahkan dalam konteks surplus kalori

3. Kacang polong

Nicole Stefanow, MS RDN, ahli diet berbasis NYC, mengatakan bahwa makan lebih banyak kacang dapat membantu mengurangi akumulasi total lemak visceral.

Stefanus berhipotesis bahwa kacang merupakan sumber serat larut prebiotik yang bagus. Meskipun serat larut tidak dapat dicerna oleh tubuh kita sendiri, ia dapat dimetabolisme dan diubah menjadi asam lemak rantai pendek (SCFA) oleh mikroba sehat di usus kita. Penelitian telah menghubungkan SCFA dengan penurunan lemak visceral.

4. Yogurt

Sebuah studi menunjukkan bahwa asupan yogurt yang konsisten menurunkan jumlah jaringan adiposa perut yang disimpan. Yogurt sangat seimbang dalam makronutrien dan mengandung sumber protein yang baik.

Yogurt juga dapat meningkatkan rasa kenyang, membantu Anda tetap kenyang lebih lama, dan mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

5. Telur

Berdasarkan dari hasil penelitian, tanpa mengurangi kalori, partisipan kehilangan lemak tubuh visceral saat menukar karbohidrat dengan pilihan glikemik yang lebih rendah. Salah satu makanan dengan pilihan glikemik rendah dan memiliki protein yang tinggi adalah telur.

Selain itu, telur juga menjadi sumber protein dan lemak sehat yang baik terutama untuk memulai hari Anda.

Sumber : Bisnis.com