Ini 6 Kebiasaan yang Membuat Gigi dan Gusi Rusak  

Menggosok gigi baik untuk kesehatan mulut - Vadentist
18 September 2021 15:27 WIB Annasa Rizki Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Perawatan gigi sering diabaikan. Kebanyakan orang datang ke dokter gigi hanya untuk cabut gigi. 

Berikut ini enam kesalahan yang harus dihindari untuk menjaga kesehatan mulut. 

1. Tidak Menggunakan Obat Kumur  

Menggosok gigi dua kali sehari mungkin terlihat cukup. Obat kumur tidak kalah penting untuk membersihkan mulut dan memberikan nafas yang  segar. Selain itu, penggunaan obat kumur dua kali sehari juga membantu dalam membunuh bakteri sisa di mulut.  

2. Malas Ke Dokter Gigi  

Perawatan rutin mungkin dirasa tidak perlu kalau tidak terasa keluhan pada gigi.  Rutin perawatan gigi, salah satunya pembersihan karang gigi akan menjaga gigi tetap sehat, bersih, dan menyingkirkan risiko infeksi.

3. Menyepelekan Gusi Berdarah  

Anda mungkin pernah melihat noda merah darah pada sikat gigi. Gusi berdarah dapat menjadi tanda radang gusi. Namun, tidak setiap gusi berdarah itu mengerikan, bisa jadi gusi lecet saat anda menggosok gigi. Apabila disertai keluhan lain, segera periksakan ke dokter gigi.

4. Menggunakan Terlalu Banyak Pasta Gigi  

Sesuatu yang berlebihan tidaklah baik, begitu pula dalam menggunakan pasta gigi. Sesuaikan penggunaan seperlunya sehingga tidak terbuang sia sia.

5. Malas Ganti Sikat Gigi

Sikat gigi sebaiknya diganti setidaknya dua-tiga bulan sekali. Sikat gigi adalah hal yang paling penting untuk menjaganya tetap bersih dan higienis, jika tidak, bakteri yang berkembang dapat menyebabkan infeksi mulut tertentu. 

6. Menggosok Gigi Terlalu Kuat 

Menggosok gigi tidak perlu terlalu kuat, cukup dengan benar dan lembut. Gosokan lembut selama dua menit akan membuat gigi cukup bersih.  

Memberikan perhatian lebih untuk kesehatan gigi itu tidak ada salahnya. Gigi yang sehat akan membuat tubuh menjadi sehat.

Sumber : JIBI/Bisnis.com