Ini Susu-Susu Tersehat Menurut Ahli Diet

Peternak sedang memerah susu sapi - Bisnis.com
18 September 2021 16:57 WIB Ni Luh Anggela Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Susu mengandung beragam nutrisi yang dapat menjaga organ tubuh tetap berfungsi dengan baik dan mampu melindungi tubuh dari serangan penyakit, tidak heran jika susu selalu direkomendasikan bagi Anda yang ingin menjaga asupan gizi harian.
 
Saat ini, ada beberapa pilihan untuk susu dan alternatif susu. Dari segi nutrisi, susu sapi secara alami kaya akan protein dan nutrisi yang mendukung kesehatan tulang dan tubuh yang sehat. Namun, nutrisi dari alternatif susu juga tidak kalah dengan susu sapi.
 
Berikut tujuh jenis susu kaya nutrisi, melansir Eating Well, Jumat (17/9/2021).

1. Susu Sapi

Tidak ada yang dapat mengalahkan nutrisi dari susu sapi. Ini dikemas dengan 8 gram protein, atau sekitar 1/3 dari kebutuhan protein harian Anda, dan memiliki banyak karbohidrat dan lemak, menjadikannya cara yang baik untuk mengisi hari Anda atau mengisi bahan bakar setelah berolahraga.

Ditambah lagi,  itu adalah sumber nutrisi sehat yang hebat seperti kalsium, yang membantu menjaga tulang Anda kuat, dan vitamin B12, yang bermanfaat bagi otak Anda dan membantu menjaga metabolisme Anda bekerja dengan baik. Ini juga merupakan sumber kalium yang baik, yang menjaga tekanan darah Anda tetap terkendali dan jantung Anda tetap sehat.
 
Sebagian besar susu yang dijual secara komersial diperkaya dengan vitamin D, yang tidak hanya membantu penyerapan kalsium, tetapi juga memungkinkan kita memenuhi jumlah vitamin D harian yang direkomendasikan. Vitamin D sulit didapat, karena hanya ada secara alami dalam telur dan ikan berlemak seperti salmon, jadi makanan yang diperkaya seperti susu dan jus jeruk membantu kita mencapai sasaran.
 
2. Susu Kedelai

Susu kedelai dapat menjadi alternatif bagi Anda yang mengalami intoleransi laktosa. Berbicara soal nutrisi, susu kedelai memiliki profil nutrisi yang mirip dengan susu sapi. Ini tinggi protein dan nutrisi seperti kalsium, vitamin B12 dan kalium. Susu kedelai biasa lebih rendah karbohidrat daripada susu sapi, tetapi versi rasa dan pemanis lebih tinggi karbohidrat dan mengandung tambahan gula untuk rasa.
 
Sebagai bonus, kedelai telah terbukti membantu meningkatkan kesehatan jantung dan otak. Meskipun mungkin menjadi topik kontroversial dalam hal kanker, penelitian lebih lanjut menyimpulkan bahwa jika Anda tidak memiliki kanker reseptor estrogen, yang terutama terkait dengan kanker payudara pada wanita pasca-menopause, konsumsi kedelai menimbulkan risiko yang sangat kecil dan bahkan dapat membantu melawan jenis kanker tertentu.
 
3. Susu Almond

Tidak hanya sebagai camilan, kacang almond juga dapat diolah menjadi minuman. Susu almond biasanya diperkaya dengan nutrisi seperti kalsium dan vitamin D untuk meningkatkan nilai gizi. Ditambah lagi, ini adalah nutrisi yang mungkin sulit didapatkan oleh orang-orang yang mengikuti diet vegetarian atau vegan. Selain itu, susu almond rendah kalori, karbohidrat dan lemak.
 
Meskipun tidak mengenyangkan atau bergizi seperti susu sapi atau susu kedelai, ini adalah pilihan yang lebih ringan untuk alternatif susu.
 
4. Santan Kelapa

Selain sering digunakan dalam masakan, Anda juga dapat menemukan minuman santan. Mirip dengan susu almond, beberapa minuman santan diperkaya dengan vitamin B12 dan vitamin D untuk meningkatkan nutrisinya.
 
Santan sedikit lebih rendah kalori daripada alternatif susu lainnya, dan juga tidak mengandung protein. Namun lemaknya sedikit lebih tinggi daripada susu sapi dan lebih banyak lemak jenuh daripada alternatif susu nabati lainnya, karena kandungan lemak kelapa yang tinggi. Untuk alasan ini, santan harus dinikmati sebagai tambahan rasa atau dalam keadaan khusus daripada pilihan susu utama. Santan memang memiliki rasa yang diinginkan yang disukai beberapa orang dan sangat lezat. Selain itu, santan bebas kacang dan bebas susu.
 
5. Susu Oat

Susu oat adalah salah satu produk baru dan mulai populer dengan cepat. Susu ini diperkaya dengan nutrisi, yang mirip dengan alternatif susu lainnya. Susu oat sebanding dalam kalori, lemak dan karbohidrat dengan susu sapi dan susu kedelai. Ini sedikit lebih rendah protein, pada 2 gram per cangkir, tetapi lebih tinggi dari pilihan alternatif susu lainnya.
 
Satu hal penting tentang susu gandum adalah mengandung 2 gram serat per cangkir, yang dapat membantu seseorang yang mencoba meningkatkan asupannya. Anda juga dapat dengan mudah membuat susu oat sendiri.
 
6. Susu Rami

Meskipun susu rami mungkin tidak sepopuler yang lain, ini adalah alternatif susu lain yang menjadi sorotan.
 
Tidak seperti alternatif susu non-susu lainnya, susu rami biasanya tidak diperkaya dengan nutrisi tambahan. Untuk alasan ini, dia memiliki sedikit atau tanpa kalsium, kalium, vitamin B12 atau vitamin D. Ini adalah sumber zat besi yang baik, yang dapat membantu energi, dan mengandung beberapa serat yang dapat membantu pencernaan.
 
Susu rami biasanya memiliki harga yang lebih tinggi daripada susu sapi atau susu alternatif lain yang lebih populer, tetapi ini bisa menjadi pilihan yang baik bagi seseorang yang mencari sesuatu yang bebas dari kacang atau susu.
 
7. Susu Beras

Susu beras adalah minuman berbasis biji-bijian yang dicampur dan disaring untuk tujuan yang sama dengan susu. Susu beras seringkali diperkaya dengan nutrisi untuk meniru nutrisi susu sapi dan memasukkan nutrisi yang lebih sulit ditemukan dalam makanan nabati, seperti kalsium dan zat besi.
 
Meskipun proteinnya lebih rendah daripada susu sapi atau alternatif susu lainnya, mereka lebih tinggi karbohidrat yang dapat membantu memberi Anda dorongan energi sebelum beraktivitas. Juga, secara alami bebas susu dan bebas kacang.

Sumber : JIBI/Bisnis.com