Ini 4 Makanan yang Tidak Memiliki Masa Kedaluwarsa

ilustrasi - boldsky.com
19 September 2021 04:27 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, SOLO - Hampir setiap produk, terutama makanan dan minuman, yang dijual di supermarket mencantumkan informasi mengenai tanggal kedaluwarsa.

Tujuannya ialah memberi tahu kepada para konsumen akan masa ideal dalam mengonsumsi makanan atau minuman terkait.

Namun, ternyata ada sejumlah makanan yang tidak memiliki expired date atau tanggal kedaluwarsa, lho?

Apa saja? Berikut adalah daftarnya.

1. Beras Putih
Beras putih adalah salah satu makanan yang tahan lama untuk dikonsumsi. Dilansir dari cookinglight.com, beras dapat mempertahankan kandungan nutrisi dan rasanya hingga 20-50 tahun. Akan tetapi, Anda harus memperhatikan cara penyimpanannya. Sebaiknya, simpan beras di tempat yang dingin dengan suhu di bawah 4,4 derajat Celcius, serta dalam kondisi gelap agar ia dapat tahan lama.

2. Gula
Makanan selanjutnya adalah gula. Namun begitu, penyimpanan gula sangat memengaruhi kemampuannya untuk bertahan lama atau tidak. Dikutip dari mentalfloss.com, gula sebaiknya disimpan di dalam wadah yang kedap udara agar kelembapannya terjaga.

3. Garam
Dilansir dari healthline.com, garam menjadi bahan makanan yang tidak memiliki kedarluwarsa karena kandungan natrium kloridanya. Jenis mineral tersebut dikenal sebagai bahan pengawet karena bersifat menghilangkan kelembapan. Akan tetapi, kondisi ini tidak berlaku untuk garam yodium, sebab garam tersebut hanya bisa bertahan sekitar lima tahun.

4. Madu
Madu memiliki kemampuan bertahan dalam waktu yang lama karena memiliki kandungan cairan asam. Cairan tersebut mempunyai kelembapan rendah, sehingga bukan tempat yang ideal bagi pertumbuhan bakteri. Selain itu, madu mengandung gula yang kadar airnya rendah atau bersifat higroskopis. Kondisi ini membuat madu dapat menyerap kelembapan dari udara.

Sumber : JIBI/Bisnis.com