Ini Lima Penyebab Rambut Rontok

Rambut rontok - klikdokter
19 September 2021 08:47 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Rambut rontok tak hanya terjadi pada wanita, tetapi juga pria. Simak 5 faktor penyebab kerontokan rambut.

Dilansir dari Mayo Clinic, penyebab rambut rontok tidak semata karena akar rambut yang rapuh karena rambut terlalu panjang. Rambut rontok juga disebabkan oleh faktor keturunan, perubahan hormonal, kondisi medis, atau bagian dari penuaan.

Jika tidak dirawat, kerontokan rambut yang parah dapat menyebabkan kebotakan. Supaya tidak semakin parah, Anda perlu mengenali penyebabnya untuk mendapatkan perawatan yang tepat bagi masalah rambut rontok.

Berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan rambut rontok:

1. Stres
Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa stres dapat menyebabkan kerontokan rambut. Jenis stres yang bisa menyebabkan rambut rontok adalah telogen effluvium. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang membuat folikel Anda tidak aktif, sehingga rambut yang berada di tengah siklus pertumbuhan bisa putus. Dilansir dari healthline.com, manajemen stres dapat mengurangi kerontokan rambut.

2. Cuaca
Tinggal di negara tropis dengan kondisi cuaca yang cukup panas seperti di Indonesia juga dapat memperparah kerontokan pada rambut. Selain terik matahari langsung cuaca yang kering dan kelembaban yang rendah dapat memperparah rambut rontok atau alopecia. Saat keramas jangan lupa untuk menggunakan kondisioner agar rambut tetap lembab.

3. Keramas berlebihan
Saat memiliki banyak aktivitas, rambut akan lebih mudah berminyak, terlebih jika karakter kulit kepala Anda berminyak. Keadaan semacam ini mendorong untuk sering keramas.

Keramas setiap hari tidak masalah, namun jika dalam satu hari keramas 2-3 kali rambut akan menjadi kering. Jika tipe rambut Anda kering keramas mingguan lebih disarankan. Jangan lupa juga untuk menggunakan kondisioner saat keramas.

4. Diet ketat
Saat diet mungkin rambut Anda akan rontok lebih banyak dari sebelum diet. Selain diet, gangguan makan dapat mengurangi nutrisi yang masuk ke tubuh. Jika gizi yang diterima tubuh jumlahnya kurang terutama pada kasus anorexia dan bulimia nervosa. Gizi tidak cukup untuk didistribusikan ke seluruh tubuh sehingga rambut tidak kebagian nutrisi dan menjadi rontok.

5. Terpapar panas berlebih
Anda mungkin merasakan cukup banyak rambut yang rontok setelah menggunakan hair dryer dan catokan terlalu sering. Panas yang dihasilkan oleh alat-alat penata rambut ini berisiko merusak kutikula.

Untuk mengatasinya, healthline.com menyarankan untuk tidak menggunakan alat penata rambut khususnya yang mengandung panas selama setidaknya satu minggu.

Sumber : JIBI/Bisnis.com