Advertisement

Ini Langkah Sederhana agar Tidur Lebih Nyenyak

Mia Chitra Dinisari
Senin, 20 September 2021 - 08:57 WIB
Bhekti Suryani
Ini Langkah Sederhana agar Tidur Lebih Nyenyak Main ponsel sebelum tidur - Boldsky

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Segala sesuatu tentang keseharian memengaruhi tidur kita. Berapa menit yang kita habiskan di luar, apa dan kapan kita makan, apa yang terjadi dengan hormon kita, kebiasaan, emosi, stres, dan pikiran kita, semua ini memengaruhi tidur kita di malam hari. 

Kecemasan tidur dapat menciptakan lingkaran yang sangat nyata dan ganas. Anda akan menghabiskan berjam-jam berbaring di tempat tidur.

Advertisement

Masalahnya adalah semakin kita khawatir tentang tidur, semakin tinggi hormon stres kita dan terlalu banyak hormon stres kortisol, apa pun pemicunya, mengganggu tidur kita.

Kita dibiarkan dalam keadaan melawan atau lari, ketika kita harus berada dalam keadaan istirahat dan mencerna yang berlawanan.

Ahli hipnosis klinis Profesor Peter Whorwell, dari departemen rumah sakit di Manchester University NHS Foundation Trust membuat skrip khusus untuk membantu mengobati berbagai gangguan, termasuk insomnia, fobia, nyeri, dan gejala IBS yang melemahkan, dengan 75-80 % tingkat keberhasilan, di mana pengobatan lain gagal.

Berikut adalah tujuh tips tidur untuk menghilangkan insomnia dilansir dari Guardian :

1. Berhenti menyebut diri Anda punya tidur yang buruk!

Kata-kata kita memiliki efek langsung pada kita secara fisik dan mental dan Anda dapat melihat ini dalam tindakan jika Anda secara sadar memilih kata-kata yang berlawanan secara diametris untuk menggambarkan situasi yang sama.

Kata-kata yang kita pilih mengubah perasaan, persepsi, hormon, dan perilaku kita, termasuk tidur kita. Ada beberapa penelitian yang mencengangkan tentang ini dan lingkaran pikiran-tubuh, dan bagaimana ini dapat dimanipulasi untuk meningkatkan kesehatan kita.

Seperti yang dikatakan Profesor Brooks dari Harvard Business School “Kata-kata kita menyusun dan memperkuat pikiran kita” dan, pada gilirannya, kata-kata itu mengubah perasaan kita.

2. Akui fakta biologis bahwa tubuh Anda merespons terlalu banyak cahaya

Tubuh kita terprogram untuk menyesuaikan diri dengan terang dan gelapnya jam alam 24 jam. Seperti segala sesuatu yang mempengaruhi tidur Anda, itu membuat semua perbedaan jika Anda menyadari biologi sederhana yang terjadi. Dalam hal ini, pemahaman bahwa sel-sel yang sangat peka terhadap cahaya di mata Anda membantu menjaga siklus tidur-bangun Anda berputar sebagaimana mestinya.

Di malam hari, istirahat dari gadget sebelum tidur, menjauh dari sinyal terang akan membantu meningkatkan kadar melatonin yang memicu tidur.

3. Melemahkan dampak negatif dari stres

Stres adalah pengganggu tidur yang sangat besar dengan hampir 50% masalah tidur disebabkan oleh stres. Untuk membantu menyeimbangkan koktail kimiawi tubuh demi tidur, sangat berharga jika kita bersandar pada penghilang stres berbasis sains, untuk menurunkan kadar kortisol kita, yang kecepatan, kecemasan, dan stimulasi berlebihan kehidupan modern terus meningkat. 

4. Ketahui ilmu kebiasaan tidur DIY Anda

Kebiasaan tidur yang buruk, seperti yang lainnya, dapat dicegah secara sistematis dan diganti dengan yang baik, begitu Anda tahu bagaimana mereka terbentuk di otak. Kamar tidur adalah konteks kebiasaan tidur, dan membuat perubahan tertentu di sini, perilaku dan konten, membantu menghentikan perilaku tidur otomatis. Mengganti perenungan negatif dengan membuat daftar hal-hal yang Anda syukuri mendapatkan hasil yang terukur.

Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah menghilangkan isyarat yang mengganggu tidur dari kamar tidur Anda (misalnya, pekerjaan dan layar), sambil menempatkan hal-hal yang mendorong tidur (misalnya, aroma yang merangsang tidur), untuk membantu kebiasaan tidur baru yang diinginkan tetap melekat.

5. Dengarkan naskah tidur

Pikiran kebiasaan memicu reaksi berantai yang mengubah emosi, bahan kimia tubuh, perilaku, harapan, dan tidur Anda. Skrip tidur, yang merupakan penegasan positif tentang seberapa baik pikiran dan tubuh Anda mempersiapkan Anda untuk tidur, membantu hal ini dengan secara bertahap mengubah pikiran kebiasaan Anda yang berhubungan dengan tidur. Ini memanfaatkan kekuatan self-talk dan hipnosis klinis, yang semakin banyak dieksplorasi oleh para ilmuwan, ahli saraf, dan petugas medis. Juga, dengan mendengarkan skrip tidur di siang hari, Anda memberi diri Anda waktu untuk berhenti sejenak, menciptakan jendela agar stres mereda.

6. Kursi berlengan

Jika pikiran Anda penuh dengan kekhawatiran, atau semua pekerjaan yang perlu Anda lakukan besok/minggu ini, duduk di kursi beberapa saat sebelum tidur, untuk membiarkan pikiran Anda memikirkan semuanya dan mungkin menuliskannya. Idealnya ini melibatkan duduk di ruang santai yang bukan kamar tidur Anda, memberi Anda waktu untuk merenung sebelum tidur, setelah kesibukan hari itu, dan/atau acara TV selesai. 

7. Menatap kegelapan kamar tidur yang gelap gulita

Menatap ke dalam kegelapan sambil berbaring di tempat tidur, akan membantu meningkatkan kadar melatonin yang meningkatkan tidur Anda, karena "hormon tidur" dilepaskan pada malam hari ketika fotoreseptor peka cahaya di mata Anda melihat bahwa di luar sana gelap. Antara lain, melatonin juga merupakan penguat sistem kekebalan tubuh, sehingga memungkinkan tubuh Anda untuk melepaskan sebanyak mungkin sepanjang malam Anda dengan menghindari terlalu banyak cahaya terang semakin dekat Anda ke tempat tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Siap-siap Lur, Pemkab Kulonprogo Buka 90 Formasi CPNS dan PPPK untuk 205 Posisi, Berikut Rinciannya

Kulonprogo
| Jum'at, 19 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Pengakuan Warga Kota Isfahan, Terkait Kabar Israel Serang Iran

News
| Jum'at, 19 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement