Begini Cara Mencegah Kekurangan Zat Besi

Zat besi
20 September 2021 12:47 WIB Ni Luh Anggela Lifestyle Share :

HarianjogjaHarianjogjaHarianjogjaHarianjogja com, JAKARTA – Zat besi merupakan salah satu nutrisi penting bagi tubuh kita. Menurut sebuah laporan di situs web University of California San Francisco, zat besi merupakan komponen penting untuk produksi darah, pernapasan dan fungsi kekebalan tubuh yang tepat dan banyak lagi.
 
Kekurangan zat besi dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, dan salah satu yang paling umum terjadi adalah anemia defisiensi besi. Kondisi lain yang terjadi akibat kekurangan zat besi adalah pusing, sakit kepala, sesak napas dan lainnya.
 
Menjaga keseimbangan zat besi dalam tubuh kita menjadi lebih penting di tengah pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung. Konsentrasi zat besi serum yang rendah merupakan faktor risiko independen untuk kematian pada pasien Covid-19, menurut temuan sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Open Forum Infectious Disease.
 
Oleh karena itu, melansir food.ndtv.com, Senin (20/9/2021), berikut beberapa tips mudah yang dapat membantu Anda menambah zat besi.
 
1. Tetap terhidrasi

Minum air putih dianggap sebagai cara yang efektif untuk mencegah anemia. Menurut sebuah penelitian, yang diterbitkan dalam Food Nutrition Bulletin, para peneliti menemukan bahwa minum air yang diperkaya secara lokal dengan senyawa besi harus dipertimbangkan dan digunakan sebagai sarana yang tersedia di seluruh dunia untuk mengendalikan anemia defisiensi besi.
 
2. Makan sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung dan lain-lain adalah gudang folat dan merupakan elemen penting untuk mencegah anemia. Selain itu, sayuran hijau juga bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.
 
3. Konsumsi daging dan unggas

Ayam, daging kambing dan daging merah lainnya dianggap sebagai versi terbaik dari makanan kaya zat besi. Di dalam 100 gram daging merah tanpa lemak, mengutip Alodokter, Senin (20/9/2021), terkandung sekitar 2 mg zat besi, dimana jumlah tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian. Mereka juga mengandung folat yang dapat membantu mencegah anemia dan masalah terkait kekurangan zat besi lainnya.
 
4. Sertakan vitamin C

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, makanlah makanan sehat yang seimbang dan sertakan jumlah vitamin C yang baik, bersama dengan makanan kaya zat besi. Menggabungkan sumber zat besi vegetarian dengan vitamin C dalam makanan yang sama diketahui dapat membantu mengobati kekurangan zat besi.
 
5. Jangan menggabungkan makanan kaya zat besi dengan kalsium

Kalsium dan besi diketahui bersaing untuk reseptor yang sama. Oleh karena itu, para ahli menyatakan, makanan kaya zat besi bila dikombinasikan dengan kalsium dapat menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh Anda.

Sumber : Bisnis.com