Segini Kadar Vitamin D yang Dibutuhkan Tubuh

Ilustrasi vitamin D untuk kesehatan
20 September 2021 13:27 WIB Ni Luh Anggela Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Vitamin D menjadi salah satu vitamin yang direkomendasikan di tengah masa pandemi Covid-19. Hal ini karena vitamin D dapat memperkuat sistem imun, yang sangat dibutuhkan untuk melawan kuman dan virus penyebab penyakit, termasuk virus Corona.
 
Masalahnya, masih ada sedikit kebingungan di luar sana tentang berapa banyak vitamin D yang benar-benar kita butuhkan dan berapa kadar vitamin D yang harus kita pertahankan dalam tubuh kita untuk menjaga kesehatan yang benar-benar optimal.
 
Bagaimana kadar vitamin D diukur?

Ketika Anda meminta dokter untuk menguji kadar vitamin D dalam tubuh, mereka akan melakukan tes darah untuk mengukur total serum Anda 25-hidroksivitamin D, atau singkatnya 25(OH)D.
 
Melansir Mind Body Green, Senin (20/9/2021), tingkat 25(OH)D Anda adalah biomarker yang mencerminkan status vitamin D seluruh tubuh Anda dari tingkat sirkulasi darah. Vitamin D adalah input vitamin awal, dan mikronutrien esensial itu dihidroksilasi di hati Anda menjadi 25(OH)D untuk berjalan ke seluruh tubuh yang tersedia untuk berbagai organ Anda untuk berbagai fungsi kesehatan yang kritis.
 
Direktur urusan ilmiah mbg Ashley Jordan Ferira, Ph.D., R.D.N., menyarankan untuk setidaknya melacak tingkat 25(OH)D  untuk menginformasikan status kesehatan vitamin D Anda.
 
Berapa kadar vitamin D yang optimal?

Jika Anda pernah menguji kadar vitamin D serum Anda atau melakukan pencarian cepat secara online tentang kadar yang sehat, Anda mungkin menemukan gagasan bahwa 30 ng/ml adalah tujuannya, tetapi bukan itu masalahnya. Sebenarnya, 30 ng/ml hanyalah batas bawah untuk “kecukupan” vitamin D.
 
Daripada menyebut 30 ng/ml sebagai “kecukupan vitamin D”, Ferira lebih suka menganggap 30 sebagai zona risiko atau peringatan.
 
“Ini adalah batas untuk kekurangan, jadi Anda tidak berusaha untuk itu, Anda menghindarinya dengan niat.” katanya.
 
“Ini adalah tingkat minimum untuk menghindari masalah utama yang diketahui terjadi dengan kekurangan vitamin D, termasuk masalah tulang dan kesehatan tiroid yang buruk,” jelas ahli endokrinologi bersertifikat Brittany Henderson, M.D., yang berspesialisasi dalam hormon (termasuk vitamin D) dalam praktik klinisnya. Dia menambahkan, tingkat serum 25(OH)D yang lebih tinggi secara konsisten dikaitkan dengan perbaikan suasana hati, peningkatan sistem kekebalan tubuh, dan banyak lagi.
 
Jadi, jika 30 ng/ml benar-benar tidak cukup jika Anda ingin mendukung kesehatan dan kesejahteraan Anda, kadar vitamin D apa yang harus Anda capai dan pertahankan?
 
Menurut Henderson, mencapai kadar serum 25(OH)D yang optimal dalam kisaran 50+ ng/ml sangat penting untuk kesehatan kekebalan tubuh, kesehatan tulang, dan banyak lagi. Ini adalah tingkat rata-rata atau median di mana sebagian besar studi asosiasi menunjukkan berbagai manfaat, termasuk kesehatan kekebalan tubuh, suasana hati yang seimbang, dan banyak lagi.
 
Dan alat untuk mencapai level 50 ng/ml itu jelas suplemen vitamin D3.
 
Bagimana cara mencapai dan mempertahankan 50 ng/ml?

Sepertinya, tidak bijaksana jika Anda hanya mengandalkan makanan dan matahari saja untuk mencapai 50 ng/ml.
 
“Penelitian farmakokinetik menunjukkan bahwa dibutuhkan 100 IU vitamin D untuk meningkatkan kadar serum D orang dewasa dengan berat badan normal sekitar 10 ng/ml. Jadi, itu artinya untuk mencapai 50 ng/ml, dibutuhkan 5.000 IU vitamin D per hari.” jelas Ferira.
 
Mempertimbangkan porsi tiga ons ikan trout (yang merupakan sumber vitamin D makanan utuh terbaik di luar sana) hanya menawarkan 645 IU dan sejumlah faktor (seperti warna kulit Anda dan tempat tinggal Anda) mencegah kebanyakan orang mendapatkan vitamin D dalam jumlah yang signifikan dari matahari. Karena itu, Anda hanya memiliki satu pilihan terbaik: suplemen vitamin D berkualitas tinggi dan berpotensi tinggi. Itu berarti vitamin D3, yang merupakan bentuk yang disukai tubuh.

Sumber : Bisnis.com