7 Jenis Makanan Ini Mampu Menurunkan Kadar Kolesterol di Tubuh

Jenis makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol, misalnya oatmeal, kacang-kacangan, dan apel - Freepik.com
21 September 2021 20:37 WIB Rika Anggraeni Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Kenaikan kadar kolesterol dipicu oleh berbagai hal, mulai dari pola makan yang buruk, obesitas, kurang olahraga, merokok, diabetes hingga menikmati makanan cepat saji (fast food). Simak 7 jenis makanan yang mudah Anda temui untuk menurunkan kadar kolesterol di tubuh Anda.

Walaupun makanan cepat saji sangat menggiurkan, namun seringkali Anda juga lupa dampak yang ditimbulkan terhadap tubuh. Ragam fast food seperti burger, kentang goreng, hingga ayam goreng adalah akar penyebab salah satu masalah kesehatan dan dapat membahayakan jantung Anda sebab kadar kolesterol yang tinggi.

Kolesterol merupakan zat minyak yang tidak bercampur dengan darah dan pada akhirnya membentuk plak di dinding arteri yang mencegah darah mengalir. Buruknya, kolesterol juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan memicu terkena serangan jantung.

Berikut 7 jenis makanan yang dapat membantu menurunkan kolesterol secara alami seperti dilansir dari NDTV Food, Selasa (21/9/2021).

1. Oatmeal
Oatmeal mengandung serat larut yang membantu menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh. Dengan makan semangkuk oat setiap hari dapat membuat Anda tetap sehat. Anda juga bisa mengkreasikan oatmeal dengan beberapa buah seperti potongan pisang atau susu sebagai topping dalam penyajiannya.

2. Kedelai
Dengan mengonsumsi 25 gram kedelai setiap hari dapat menurunkan kadar LDL sebesar lima hingga enam persen dalam tubuh Anda. Kedelai dan makanan berbahan dasar kedelai juga dapat dimasukkan dalam asupan diet untuk gaya hidup yang lebih sehat.

3. Ikan
Ikan memiliki protein tinggi dan mengandung Omega-3 yang membantu Anda dalam pengurangan trigliserida dalam aliran darah dan mengatur ritme jantung. Selain itu, Omega-3 juga menurunkan kadar LDL Anda.

4. Kacang polong
Kacang polong bisa ditemui di mana saja dan bahkan tak jarang kacang menjadi teman camilan banyak orang. Makanan satu ini memiliki nilai serat yang sangat besar dan inilah yang menyebabkan kacang memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh. Selain dikonsumsi langsung, Anda bisa menyajikan kacang-kacangan dalam berbagai resep.

5. Kacang-kacangan
Sebutir kacang sehari dapat menjauhkan Anda dari penyakit jantung. Sertakan kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan kacang tanah dalam asupan diet Anda dan Anda akan melihat kadar LDL dalam tubuh berkurang.

6. Bayam
Sayuran satu ini banyak dijumpai di pasar modern ataupun pasar tradisional. Selain harganya terjangkau, bayam mengandung karotenoid yang rendah kolesterol. Bayam kaya akan vitamin, nutrisi, dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh yang berfungsi dengan baik

Berbagai penelitian juga mengungkapkan bahwa bayam mampu menurunkan kemungkinan kolesterol tinggi serta tekanan darah pada orang-orang tertentu yang memakannya secara teratur.

7. Apel
Buah favorit ini mengandung pektin yang membantu Anda menurunkan kadar kolesterol. Dengan Anda mengonsumsi apel setiap hari, maka kadar HDL atau kolesterol baik meningkat 4 persen. Hal ini membantu untuk menurunkan jumlah kolesterol dan trigliserida dalam aliran darah.

Sumber : Bisnis.com