Advertisement

Cara Anda Berjalan Bisa Mengindikasikan Kekurangan Vitamin D

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 22 September 2021 - 11:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Cara Anda Berjalan Bisa Mengindikasikan Kekurangan Vitamin D Jalan kaki

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Tubuh kita membutuhkan vitamin D dan sebagian besar bisa didapatkan dari paparan sinar matahari.

Gejala kekurangan vitamin D seringkali cukup samar, dan masalahnya sering kali terlewatkan. Meskipun demikian, kekurangan yang lebih parah dapat memiliki dampak yang lebih jelas pada cara seseorang berjalan.

Dalam kasus kekurangan vitamin D yang lebih parah, kondisi osteomalacia dapat berkembang, menyebabkan rasa sakit dan kelemahan yang parah. Kelemahan otot dapat menyebabkan orang berjalan dengan pola berjalan, menurut Info Pasien.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Situs tersebut menambahkan bahwa seseorang dengan kekurangan vitamin D yang lebih parah mungkin mengalami kesulitan dalam menaiki tangga, atau bangun dari lantai atau kursi rendah.

Tulang juga mungkin terasa nyeri hingga tekanan sedang. Ini cenderung lebih terlihat di tulang rusuk atau tulang kering.

Baca juga: Begini 5 Cara Mengetahui Sakit Kepala jadi Gejala Serius

Selain mengadopsi pola waddling, ada juga beberapa gejala yang kurang jelas yang mungkin muncul.

Misalnya, orang dewasa dengan kekurangan vitamin, mungkin "mengeluh kelelahan umum, sakit dan nyeri yang samar-samar dan perasaan tidak sehat secara umum," menurut situs tersebut.

Meskipun dikenal sebagai vitamin sinar matahari, beberapa makanan memang mengandung vitamin D. Makanan yang secara alami mengandung vitamin D termasuk ikan berminyak, serta kuning telur, daging merah dan hati.

Advertisement

Sumber vitamin D lainnya adalah suplemen makanan.

Selama musim hujan, Anda perlu mendapatkan vitamin D dari makanan Anda karena matahari tidak cukup kuat bagi tubuh untuk membuat vitamin D.

Ada beberapa laporan tentang vitamin D yang mengurangi risiko virus corona.

Advertisement

Tetapi NHS menyatakan bahwa saat ini tidak ada cukup bukti untuk mendukung penggunaan vitamin D semata-mata untuk mencegah atau mengobati COVID.

"Jika Anda masih menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan daripada biasanya pada musim semi dan musim panas ini, Anda harus mengonsumsi 10 mikrogram vitamin D sehari untuk menjaga kesehatan tulang dan otot Anda," tambah NHS.

Departemen Kesehatan dan Perawatan Sosial merekomendasikan agar orang dewasa dan anak-anak di atas empat tahun mengonsumsi suplemen harian yang mengandung 10 mikrogram vitamin D jika mereka tidak sering berada di luar ruangan atau cenderung biasanya mengenakan pakaian yang menutupi sebagian besar kulit mereka saat berada di luar.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Usut Kasus Suap Hakim Agung, KPK Lakukan Penggeledahan di Jogja

Jogja
| Rabu, 28 September 2022, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Suap Dana PEN, Eks Dirjen Kemendagri Divonis Penjara 6 Tahun

News
| Rabu, 28 September 2022, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement