Rambut Beruban Sebelum Waktunya? Bisa Jadi Kekurangan Vitamin Ini

Rambut beruban - Istimewa
22 September 2021 23:37 WIB Ni Luh Anggela Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Rambut beruban identik dengan orang lanjut usia dan ini merupakan bagian dari proses penuaan. Tetapi, munculnya uban tidak hanya disebabkan oleh proses penuaan. Ada beragam hal yang juga dapat memicu munculnya uban di kepala, salah satunya adalah kekurangan vitamin.
 
Vitamin B-12 adalah vitamin yang bermanfaat untuk pembentukan protein, sel darah dan jaringan. Kekurangan vitamin B-12 adalah salah satu penyebab paling umum dari rambut beruban sebelum waktunya. Ini karena vitamin B-12 dapat melindungi rambut Anda agar tidak beruban.
 
Beberapa penelitian terbaru, melansir Express, Rabu (22/9/2021), menunjukkan bahwa kekurangan nutrisi dapat berdampak besar pada rambut Anda, dan merekomendasikan agar orang memastikan mereka mengonsumsi cukup vitamin B-12.
 
Kebutuhan vitamin B-12 dapat Anda temukan melalui makanan dan suplemen. Secara alami, vitamin B-12 banyak terkandung dalam ikan, daging, hati, kerang, telur, susu dan yoghurt, serta beberapa sereal yang sudah diperkaya dengan vitamin ini.
 
Kekurangan vitamin B-12 dapat menyebabkan Anda mengalami anemia defisiensi serta masalah kesehatan lainnya. Oleh karena itu, penting untuk memenuhi kebutuhan vitamin B-12. Orang dewasa berusia 19 hingga 64 tahun disarankan untuk memenuhi kebutuhan vitamin B-12 sekitar 1,5 mikrogram per hari. Namun, pastikan untuk tidak berlebihan karena dapat berbahaya bagi kesehatan Anda.
 
Selain beruban sebelum waktunya, ada beberapa  gejala lain yang harus diwaspadai untuk menentukan kekurangan vitamin B-12. Karena kekurangan vitamin B-12 dapat memengaruhi jaringan saraf, sehingga Anda mungkin lebih rentan terhadap parestesia atau kesemutan.
 
Kekurangan vitamin B-12 juga dapat menyebabkan Anda lekas marah, depresi dan penurunan kemampuan mental, seperti memori dan penilaian.
 
Sebagai bagian dari proses penuaan normal, produksi pigmen yang mewarnai rambut Anda dapat melambat.
 
Namun di samping kekurangan vitamin, faktor lain dapat menyebabkan munculnya uban sebelum waktunya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa Anda mungkin melihat beberapa uban ekstra jika Anda memiliki gangguan tiroid.
 
Demikian pula, gangguan autoimun kulit dan rambut tertentu juga dapat menyebabkan uban prematur, karena tubuh Anda mungkin tidak dapat memproduksi cukup pigmen ini.

Sumber : Bisnis.com